post-title

Nyam… Makan Durian saat Hamil, Bolehkah?

Ada yang mengatakan bahwa makan durian ketika hamil berbahaya bagi kondisi janin👶. Benarkah hal ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini supaya tidak bingung lagi!


Apakah ibu hamil boleh makan durian?

😉Tidak dilarang, tapi…

Ibu hamil memang tidak dilarang untuk mengonsumsi durian. Namun, tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Ibu hamil yang memiliki kondisi diabetes gestasional✨ juga tidak boleh mengonsumsi durian karena kandungan gula yang tinggi.

❓Apa saja kandungan gizi yang terkandung di dalam durian?

100 gram durian mengandung 150 kalori, 3,5 gram serat dan nutrisi. Nutrisi tersebut diantaranya, 400 mg kalium, 25-27 gram karbohidrat, 19-20 mg vitamin C🍊, 1,3-1,5 gram protein, dan 5-5,5 gram lemak.


Akibat buruk jika ibu hamil mengonsumsi durian secara berlebihan!

⚖️Mengalami obesitas

Durian mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Karena itu, apabila ibu hamil makan durian dalam porsi yang berlebihan🍴, maka dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

☹️Meningkatkan kadar gula dalam darah

Durian mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Hal ini dapat menyebabkan bayi lahir terlalu besar, bayi👶 mengalami obesitas.


Namun, durian juga memiliki banyak manfaat!

✔️Menjaga kadar kolesterol stabil

Orang-orang sering mengatakan bahwa durian mengandung kolesterol yang tinggi. Padahal, hal ini salah. Jenis lemak yang terkandung di dalam durian bukan merupakan kolesterol. Malah, kandungan serat yang tinggi di dalam durian dapat membantu mencegah kolesterol meningkat😉.

👉Meningkatkan asupan folat

Folat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil dan janin. Folat berperan dalam pembentukan otak🧠, tulang belakang janin, pembentukan saraf janin. Ibu hamil juga dapat tercegah dari anemia karena folat memproduksi sel darah merah.