post-title

Memilih Bra dan Menjaga Payudara saat Hamil

Payudara ibu hamil akan terasa lebih sensitif saat hamil. Ukuran payudara juga akan mengalami perubahan. Nah, bagaimana cara memilih bra👙 yang tepat ketika hamil?


Bagaimana cara memilih bra yang tepat ketika hamil?

💡Full cup dengan tali lebar

Ibu hamil dapat memilih bra dengan bahan yang nyaman dengan model full cup. Hal ini bertujuan untuk menyangga payudara sepenuhnya. Selain itu, sebaiknya ibu hamil🤰 memilih bra dengan tali yang lebar supaya punggung terasa nyaman.

📌Menyiapkan bra untuk menyusui

Menginjak trimester ketiga, ibu hamil sebaiknya mulai menyiapkan bra untuk menyusui🤱. Bra untuk menyusui memiliki bukaan pada bagian depan.

✔️Memiliki banyak pengait

Agar ibu hamil tidak perlu sering mengganti bra, maka sebaiknya pilih bra dengan banyak pengait di bagian belakang. Ibu hamil juga dapat membeli pengait tambahan agar dapat menyesuaikan pemakaian bra dengan ukuran payudara😉.

💭Bra tanpa kawat

Sebaiknya ibu hamil tidak memakai bra dengan busa dan kawat. Hal ini karena pemakaian bra dengan busa akan membuat dada terasa sesak, sedangkan kawat membuat payudara terasa sakit⚡.


Cara merawat payudara di usia kehamilan 3 bulan

📝Memeriksa puting susu

Pertama, periksa👀 puting susu guna mengetahui apakah puting susu masuk ke dalam atau datar dengan memijat dasar puting susu dengan perlahan. Biasanya, puting susu yang normal akan menonjol ke arah luar.

✨Lakukan pemijatan payudara

Jika puting susu masuk ke dalam payudara atau tetap datar, maka sejak ibu hamil 3 bulan🗓️, dapat dilakukan pemijatan payudara dengan rutin. Gunakan dua jari, pijat daerah sekitar puting susu ke arah yang berlawanan menuju dasar payudara. Pemijatan dapat dilakukan sehari 2 kali kurang lebih 6 menit.


Cara merawat payudara di usia kehamilan 6-9 bulan

✋Membasahi telapak tangan dengan minyak kelapa

Pertama-tama, basahi telapak tangan dengan minyak kelapa. Lalu, kompres puting susu dengan minyak kelapa🥥 selama 2 sampai 3 menit. Kemudian, pegang kedua puting susu, tarik dan putar ke arah dalam dan luar dengan lembut.

✨Pijat ke arah puting susu

Tahap selanjutnya, pegang pangkal payudara dengan kedua tangan dan urut ke arah puting susu 30 kali sehari. Pijat kedua bagian kecoklatan di sekitar puting sampai keluar 1 sampai 2 tetes susu. Terakhir, bersihkan kedua puting susu dengan handuk bersih dan kering😊.