post-title

Uhuk… Uhuk… Bahayanya Merokok saat Hamil!

Merokok🚬 ketika hamil pastinya sangatlah berbahaya baik bagi ibu hamil maupun janin di dalam kandungan. Apa saja bahayanya? 


Apa saja bahaya merokok untuk ibu yang sedang hamil?

🌊Ketuban pecah dini dan keguguran

Ibu yang merokok saat sedang hamil dapat lebih berisiko untuk mengalami ketuban pecah dini dan keguguran. Tidak hanya perokok aktif, namun perokok pasif atau ibu hamil🤰 yang sering terpapar asap rokok juga dapat berisiko mengalami masalah ini.

✨Gangguan plasenta

Ibu hamil juga dapat berisiko mengalami gangguan plasenta. Seperti plasenta previa dan solusio plasenta atau lepasnya plasenta dari dinding rahim sebelum bayi👶 dilahirkan.


Lalu, apa saja bahaya merokok bagi janin?

☁️Cacat bawaan

Janin dapat lahir dengan cacat bawaan. Contohnya cacat pada saraf dan otak, kelainan pada organ tubuh, penyakit jantung bawaan❤️. Bayi juga dapat mengalami masalah tumbuh kembang.

⚡Kelahiran prematur

Bayi lebih berisiko untuk mengalami kelahiran prematur, lahir dengan berat badan yang rendah. Selain itu, bayi juga berisiko mengalami gangguan pernapasan seperti asma🌬️, pneumonia.


Bagaimana agar dapat berhenti merokok?

👩Mengalihkan dengan aktivitas lain

Coba untuk mengalihkan keinginan untuk merokok dengan melakukan aktivitas lain. Contohnya, meditasi🧘🏻‍♀️, mengunyah permen karet, atau berolahraga santai.

✋Menjauhkan diri dari asap rokok

Usahakan untuk menjauhkan diri dari asap rokok. Selain itu, hindari pula situasi yang dapat membuat ibu hamil🤰 berkeinginan untuk merokok, misalnya berkumpul dengan sesama perokok.

✔️Berkomitmen kuat

Keinginan kuat untuk berhenti merokok dapat membantu mendorong diri agar berhenti merokok. Cobalah membuat daftar📝 alasan kenapa harus berhenti merokok, dengan fokus utama bagi kesehatan janin dan ibu hamil sendiri.