post-title

IUFD, Janin Mati di dalam Kandungan

Pernahkah Anda mendengar istilah IUFD? IUFD merupakan kondisi saat janin meninggal di dalam kandungan sesudah kehamilan menginjak usia 20 minggu🗓️. Apa saja penyebabnya?


Apa penyebab IUFD?

☁️Kelainan kromosom

Kelainan kromosom atau cacat genetik merupakan salah satu penyebab dari IUFD. Hal ini mengakibatkan organ vital janin, yaitu jantung dan otak🧠 tidak berkembang dengan baik yang menyebabkan terjadinya IUFD.

🤰Usia ibu hamil

Usia ibu hamil✨ dapat meningkatkan risiko terjadinya IUFD. Ibu hamil dengan usia kurang dari 15 tahun dan lebih dari 35 tahun lebih rentan untuk mengalami IUFD.

⚡Plasenta tidak berfungsi dengan baik

Plasenta yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan pasokan nutrisi🐟 bagi janin menjadi terhambat. Hal ini akan menghambat perkembangan janin yang menyebabkan terjadinya IUFD.


Cara mencegah IUFD

Walaupun tidak semua kasus IUFD dapat dicegah, tapi ibu hamil dapat mengurangi risiko IUFD dengan melakukan hal berikut.

🛏️Hindari tidur dengan posisi terlentang

Hindari tidur dengan posisi terlentang ketika usia kehamilan telah menginjak usia 28 minggu. Serta, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan👩‍⚕️.

📝Berhenti melakukan kebiasaan berikut

Apabila sebelum hamil ibu hamil suka merokok, maka segera hentikan kebiasaan merokok ketika hamil. Selain itu, hentikan kebiasaan minum minuman beralkohol🍷.