post-title

Apakah Melahirkan Itu Sakit?

Perempuan yang belum pernah melahirkan pastinya akan penasaran bagaimana rasanya saat melahirkan? Apakah sakit⚡? Simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Berbagai hal yang menentukan rasa sakit saat melahirkan

📏Ukuran bayi

Ukuran bayi yang dilahirkan akan menentukan tingkat rasa sakit ketika melahirkan. Semakin besar ukuran bayi maka semakin sakit ketika dilahirkan. Namun, beberapa orang juga dapat merasakan sakit yang lebih ringan walaupun melahirkan bayi👶 berukuran besar.

⏲️Durasi dan kekuatan kontraksi

Durasi saat proses persalinan dapat menentukan tingkat rasa sakit saat melahirkan. Makin lama proses melahirkan, maka biasanya akan semakin sakit. Pembukaan penuh ketika persalinan🏥 juga akan lebih sakit daripada pembukaan awal.

💡Posisi bayi

Posisi bayi dalam rahim juga memengaruhi rasa sakit ketika melahirkan. Jika posisinya ideal, yaitu kepala lebih dulu maka rasa sakit akan lebih ringan😊.


Tips atasi rasa sakit ketika melahirkan

✔️Mencoba metode berikut ini

Ibu hamil dapat mencoba metode melahirkan sambil berendam di dalam air (water birth). Selain itu, bisa juga dengan mencoba teknik atur napas🌬️ hypnobirthing.

☘️Menjaga suasana tetap tenang

Menjaga suasana tetap tenang dengan tidak mengobrol terlalu banyak dan menutup pintu dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika melahirkan. Ibu hamil dapat menonton video, mendengar musik🎵 yang menenangkan untuk menenangkan pikiran.

🏠Meminta dampingan suami atau keluarga

Ibu hamil dapat meminta dampingan dari suami💑🏽 atau keluarga dalam menghadapi proses persalinan. Apalagi jika ini adalah proses persalinan pertama kali.