post-title

Amankah Berhubungan Seks ketika Trimester 3?

Ketika kehamilan telah memasuki trimester ketiga, mungkin Anda akan bingung apakah aman untuk berhubungan seksual? Simak tips aman✔️ untuk berhubungan seks ketika hamil trimester 3 berikut ini.


Sebelumnya, berikut hal penting yang harus dilakukan!

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan dokter

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berhubungan seks. Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi janin benar-benar sehat dan tidak memiliki risiko keguguran😉.

✍🏻Memastikan posisi plasenta bayi

Pastikan posisi plasenta bayi berada pada lokasi yang seharusnya. Alasannya, jika posisi plasenta berada di bawah dan menutup jalur kelahiran, dapat menyebabkan terjadinya kontraksi⚡ dan berisiko melahirkan caesar.


Posisi aman yang dapat dilakukan

👉Side by side

Posisi side by side merupakan salah satu posisi yang dianggap aman untuk dilakukan. Anda dapat berbaring saling berhadapan. Ibu hamil dapat menggantungkan kaki🦵 kiri di atas tubuh suami untuk melakukan hubungan seksual.

🪑On the chair

Pada posisi ini, sofa atau kursi merupakan media dalam berhubungan seksual. Suami terlebih dahulu duduk di kursi, lalu ibu hamil dapat duduk di pangkuan suami sambil merangkul dengan erat. Namun, pastikan kursi berada di dekat benda lain atau tembok sehingga dapat dijadikan alat bantu saat akan bangun dari pangkuan suami👨.


Manfaat berhubungan seksual ketika hamil trimester ketiga

☘️Membantu memperlancar persalinan

Aktivitas berhubungan seksual dapat memicu kontraksi alami✨. Bagian pinggul ibu hamil juga akan menjadi lebih kuat sehingga lebih siap untuk melahirkan.

🛏️Tidur lebih nyenyak

Berhubungan seksual saat hamil dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan sakit yang dirasakan sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, juga dapat membakar kalori☀️ lebih banyak dan menurunkan tekanan darah sehingga menyehatkan tubuh.