post-title

Tips Lancarkan ASI Sebelum Melahirkan

Mempersiapkan kelancaran ASI sejak sebelum melahirkan penting untuk dilakukan guna menghindari kekurangan pasokan ASI🤱 sesudah melahirkan. Apa saja cara yang dapat dilakukan?


Hal apa saja yang dapat menyebabkan ASI tidak keluar setelah melahirkan?

👙Mengenakan bra yang terlalu ketat

Mengenakan bra yang terlalu ketat dapat menjadi faktor penyebab ASI tidak kunjung keluar sesudah melahirkan🏥. Alasannya, tubuh tidak mempunyai cukup ruang untuk memproduksi kolostrum dan ASI.

🤰Melakukan diet saat hamil

Melakukan diet saat hamil tanpa saran dari dokter membuat pola makan🍲 menjadi terbatas. Hal ini membuat asupan nutrisi bagi ibu hamil dan janin menjadi terbatas.


Lakukan hal berikut!

🍴Mengonsumsi makanan bergizi

Pastikan untuk selalu mencukupi asupan nutrisi selama kehamilan. Makan makanan bergizi dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi👶 di dalam kandungan.

🌬️Tetap rileks dan tenang

Tetap rileks dan tenang selama menjalani masa kehamilan sangatlah penting. Terutama, hindarilah stres berlebihan🌻 menjelang masa persalinan.

🚿Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat memperlancar peredaran darah seluruh tubuh yang memperlancar metabolisme✨ tubuh. Hal ini pun akan membuat produksi ASI ibu menjadi lebih lancar.

☘️Jaga kebersihan payudara

Selalu jaga kebersihan payudara dengan air hangat💨 dan baby oil. Hindari membersihkan dengan menggunakan lotion, atau alkohol.

✔️Hindari mengenakan bra yang terlalu ketat

Hindari mengenakan bra yang terlalu ketat. Pilih bra khusus ibu hamil yang terbuat dari bahan yang nyaman🌸 dan tidak terlalu ketat.

❤️Lakukan senam kehamilan

Senam kehamilan dapat dilakukan dari awal masa kehamilan hingga akhir. Dengan berolahraga ringan selama hamil, dapat membantu memperlancar produksi ASI🍼.