post-title

Rambut Rontok saat Hamil

Rambut rontok ketika hamil adalah kondisi yang banyak dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Mengapa rambut👩 bisa rontok ketika hamil? Apa penyebabnya dan apakah ada cara untuk mengatasinya?


Hal yang menyebabkan rambut rontok ketika hamil

✨Perubahan hormon

Perubahan hormon ketika hamil dapat mengakibatkan jumlah rambut yang masuk ke dalam fase istirahat mengalami peningkatan sampai 60 persen. Rambut rontok ketika hamil biasanya terjadi saat usia kehamilan 1-5 bulan🗓️.

💭Terdapat gangguan kesehatan

Ibu hamil yang terinfeksi oleh jamur🍄 kulit, mengalami depresi dapat mengalami rambut rontok. Kekurangan hormon tiroid dan diabetes gestasional yang dialami ketika hamil juga dapat mengakibatkan rambut menjadi rontok.

📌Kurang asupan nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi ketika hamil dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ketika hamil, ibu hamil akan memerlukan vitamin dan nutrisi✨ yang berjumlah lebih besar dibanding biasanya.


Tips atasi rambut rontok ketika hamil

☘️Jangan menyisir rambut ketika masih basah

Ketika rambut basah, rambut akan cenderung lebih rapuh. Maka, hindari menyisir rambut saat rambut masih basah🌊.

✔️Memilih sampo yang tepat

Pilihlah sampo dan kondisioner yang tidak memicu iritasi dan lembut. Selain itu pilih yang mengandung biotin dan silika karena biasanya efektif😉 dalam mengatasi rambut rontok.

✋Tidak melakukan perawatan rambut tertentu saat hamil

Mengecat rambut, mengeringkan rambut dengan hair dryer dengan menggunakan panas yang maksimal, atau mengeriting rambut bisa memperburuk kerontokan ketika hamil. Hindari pula terlalu sering mengikat rambut karena akan membuat rambut lebih mudah patah😞.

🍽️Makan makanan bergizi

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin saat hamil. Pastikan pula tubuh terhidrasi dengan baik dengan cukup minum air putih🥛 setiap hari.