post-title

Apa Itu Penyakit Celiac?

Pernahkah Anda mendengar penyakit Celiac? Apabila bayi lahir dengan penyakit Celiac, akan sangat memengaruhi perkembangannya sampai dewasa🚶‍♀️. Penyakit apa itu Celiac?


Mengenal lebih dalam penyakit Celiac

🤔Penyakit Celiac, penyakit apa?

Penyakit celiac merupakan suatu kondisi autoimun yang diakibatkan oleh pengonsumsian gluten. Sistem kekebalan tubuh pengidap celiac akan bereaksi ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten yang akan menyebabkan hambatan dalam menyerap nutrisi✨.

⚡Akibatnya bagi ibu hamil

Tubuh ibu hamil yang menderita penyakit celiac akan kesulitan untuk menyerap mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan bayi👶 menjadi kekurangan nutrisi.


Komplikasi kehamilan yang dapat terjadi

😞Solusio plasenta dan keguguran

Solusi plasenta dapat terjadi pada 18 persen ibu hamil🤰 yang menderita penyakit celiac. Sedangkan keguguran dapat dialami sebanyak 39 persen.

❤️Anemia berat dan hipertensi gestasional

Anemia berat☹️ dapat dialami oleh 41 persen ibu hamil dengan celiac. Untuk hipertensi gestasional, dapat dialami 10 persen ibu hamil.


Bagaimana cara mengobatinya?

☁️Belum ada pengobatannya

Sampai kini, belum ada pengobatan yang tepat untuk mengobati penyakit celiac. Penyakit celiac adalah penyakit genetik yang dapat menurun dalam keluarga🏠.

🙋Lalu, adakah cara mencegah agar bayi tidak terkena penyakit ini?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang banyak mengonsumsi makanan dengan serat tinggi🥦 bisa memperkecil risiko penyakit celiac diturunkan pada bayi yang dilahirkannya. Tiap 10 gram serat yang dikonsumsi, akan terdapat pengurangan risiko penyakit celiac anak sampai 8 persen.