post-title

Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat?

Bagi ibu hamil, mungkin terkadang merasa ragu apakah aman untuk naik pesawat✈️? Supaya tidak bingung lagi, simak bahasan selengkapnya berikut ini!


Apakah ibu hamil aman naik pesawat?

❓Mulai kapan ibu hamil boleh naik pesawat?

Ibu hamil bisa naik pesawat sebelum usia kehamilan mencapai 36 minggu. Tepatnya di usia kehamilan 20 sampai 27 minggu🗓️. Sedangkan waktu paling tepat untuk ibu hamil yang mengandung bayi kembar untuk bepergian dengan pesawat adalah sebelum 32 minggu.

🙋Lalu, apakah aman ibu hamil naik pesawat?

Ibu hamil akan aman naik pesawat asalkan telah melindungi diri dengan vaksinasi💉 dan mempunyai asuransi perjalanan. Jangan lupa untuk memastikan asuransi perjalanan yang digunakan menerima perawatan kelahiran prematur untuk berjaga-jaga.

🏥Berkonsultasi dengan dokter

Namun, yang terbaik, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum bepergian dengan pesawat. Tidak hanya ibu hamil yang memiliki kondisi tertentu, ibu hamil dengan kondisi normal dan merasa sehat juga lebih baik tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan.😊


Walaupun aman, namun tetap ada beberapa risiko yang mungkin terjadi

🌬️Menurunnya oksigen dalam darah

Oksigen dalam darah dapat mengalami penurunan yang disebabkan oleh tekanan udara saat penerbangan yang menurun. Tetapi, hal ini biasanya tidak akan berbahaya untuk janin👶 asalkan tubuh ibu hamil sehat.

✨Penggumpalan darah di vena dan varises

Penerbangan jarak jauh dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah pada vena dan varises. Penyebabnya, ibu hamil duduk🪑 dalam waktu lama dan jarang mengubah posisi.

⚡Paparan radiasi

Paparan radiasi atmosfer☁️ ketinggian tertentu bisa mengakibatkan gangguan pada janin. Tetapi, hal ini biasanya hanya terjadi jika ibu hamil terlalu sering melakukan perjalanan dengan pesawat.


Berikut tips aman naik pesawat ketika hamil!

👚Mengenakan pakaian yang nyaman

Pastikan mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat ketika bepergian dengan pesawat✈️. Kencangkan sabuk pengaman di bawah perut Anda.

💺Pilih kursi di sebelah lorong

Pilih kursi di sebelah lorong untuk memudahkan ibu hamil untuk bergerak. Usahakan untuk berjalan-jalan🚶‍♀️ sebentar di lorong pesawat agar sirkulasi darah lancar.

💨Hindari makanan mengandung gas tinggi

Hindari makan makanan mengandung gas tinggi sebelum dan saat naik pesawat, diantaranya kol, kacang-kacangan, atau brokoli🥦. Makanan tersebut dapat membuat perut ibu hamil terasa begah.