post-title

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengecat Rambut?

Mungkin bagi ibu hamil yang sebelum hamil senang mengecat rambut terpikir untuk mengecat rambutnya ketika hamil👩. Namun, apakah sebenarnya aman mengecat rambut ketika sedang hamil?


Ibu hamil mengecat rambutnya? Boleh?

✨Apakah aman bagi ibu hamil untuk mengecat rambutnya?

Mewarnai rambut sebenarnya merupakan aktivitas yang boleh dilakukan ibu hamil karena hanya sedikit zat kimia pewarna rambut yang akan terserap kulit kepala. Namun, sebaiknya akan lebih baik dan aman bagi ibu hamil🤰 untuk menunda mengecat rambut selama masa kehamilan.

🗓️Kapan saat yang tepat bagi ibu hamil untuk mengecat rambut?

Mengecat rambut sebaiknya dilakukan sesudah trimester pertama kehamilan. Alasannya, organ-organ penting janin👶 banyak yang dibentuk di trimester pertama dan trimester pertama adalah trimester yang paling rentan bagi ibu hamil untuk mengalami berbagai gangguan kehamilan.


Kondisi ibu hamil yang tidak boleh mewarnai rambut

✨Riwayat alergi

Ibu hamil yang mempunyai riwayat alergi tidak disarankan untuk mengecat rambut. Hal ini karena bisa saja bahan kimia yang terkandung di dalam cat rambut akan memicu reaksi alergi⚡ yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

☁️Terdapat luka di kulit kepala

Ibu hamil yang memiliki luka di kulit kepala sebaiknya tidak mewarnai rambutnya. Hal ini karena zat kimia dari cat rambut🎨 yang berbahaya bagi ibu hamil seperti amonia dapat masuk dan diserap lebih banyak oleh luka di kulit kepala.


Cara aman mewarnai rambut ketika hamil

🧤Mengenakan sarung tangan

Pastikan untuk mengenakan sarung tangan sebelum mewarnai rambut. Alasannya, dengan mengenakan sarung tangan✋ dapat mencegah paparan bahan kimia cat rambut melalui kulit tangan.

📝Baca petunjuk pemakaian

Pastikan untuk membaca👀 petunjuk pemakaian yang terdapat pada kemasan pewarna rambut. Hal ini penting untuk dilakukan guna mengurangi risiko paparan bahan kimia yang dapat terserap melalui kulit kepala.

✔️Pilih pewarna rambut dengan bahan alami

Jangan lupa untuk melihat label kemasan💭 dan memastikan bahan kimia yang terdapat di dalamnya. Ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan pewarna rambut dengan kandungan pemutih atau bleach dan amonia.