post-title

Berbagai Mitos Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Terdapat berbagai mitos hamil anak laki-laki dan perempuan yang beredar di masyarakat. Apa saja🙋? Simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Mitos hamil anak laki-laki dan perempuan

📌Bentuk perut lancip berarti hamil anak laki-laki?

Mungkin Anda pernah mendengar mitos jika ibu hamil perutnya berbentuk lancip berarti hamil anak laki-laki🧒🏻. Berdasarkan Winchester Hospital, tidak terdapat hubungan antara bentuk perut ibu hamil dengan jenis kelamin bayi. Karena itu, hal ini hanyalah mitos.

⚡Morning sickness yang lebih parah pada hamil anak perempuan

Berdasarkan penelitian kecil dari Brain, Behavior, and Immunity yang melibatkan 34 ibu hamil bayi perempuan dan 46 ibu hamil bayi laki-laki, menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh ibu hamil bayi perempuan cenderung lebih mudah mengalami peradangan yang disebabkan oleh bakteri🦠. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

✨Kulit ibu hamil lebih bersinar jika hamil anak perempuan

Berdasarkan Mayo Clinic, kulit ibu hamil bisa lebih cerah selama masa kehamilan yang disebut dengan pregnancy glow. Hal ini disebabkan oleh hormon HCG dan volume darah yang meningkat 50 persen. Tetapi, belum terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hamil anak perempuan👧🏻 dan laki-laki terkait pregnancy glow.


Perbedaan yang dapat dirasakan ibu hamil terkait hamil anak perempuan dan laki-laki

👩Perubahan pada tubuh

Dikutip dari Healthline, saat ibu hamil bayi perempuan, biasanya ibu hamil akan merasakan ukuran kedua payudaranya yang membesar. Sedangkan saat hamil bayi laki-laki, pada trimester kedua, pertumbuhan rambut ibu hamil lebih lebat dan bersinar☀️.

👶Perbedaan pada gerakan janin

Ketika hamil bayi perempuan, ibu hamil akan merasakan bahwa gerakan janin tidak bisa diprediksi, kadang menendang dengan perlahan, keras, dan bahkan tidak bergerak sama sekali di siang atau malam hari🌙. Sedangkan ketika hamil bayi laki-laki, gerakan janin akan teratur sesuai ritme.

✍🏻Perbedaan kulit

Saat hamil bayi perempuan, ibu hamil cenderung sering mengalami gangguan kulit, contohnya kulit wajah yang berminyak, pecah-pecah, hingga berjerawat. Ketika hamil bayi laki-laki, kulit ibu hamil lebih terasa lembab dan sehat☘️.