post-title

Ayah Ikut Mengalami Gejala Kehamilan?!

Saat hamil, pasangan suami istri💑🏽 akan lebih kompak dan terkadang suami juga ikut mengalami gejala kehamilan yang mirip dialami istrinya yang sedang hamil. Hal ini disebut dengan Couvade Syndrome.


Mengenal lebih dalam Couvade Syndrome

✨Apa itu Couvade Syndrome?

Couvade Syndrome berasal dari kata dalam bahasa Prancis “couvee” yang memiliki arti “menetas”. Beberapa laki-laki akan lebih rentan mengalami hal ini apabila memerlukan perjuangan untuk bisa hamil😉.

🙋Kapan biasanya Couvade Syndrome muncul?

Couvade Syndrome biasanya dimulai di akhir trimester pertama dan makin parah hingga trimester ketiga. Serta rasa sakit akan terasa ketika istri menjalani proses melahirkan🏥.


Apa saja gejala Couvade Syndrome?

💡Gejala fisik

Gejala fisik yang dapat dialami suami yang mengalami sindrom ini saat istrinya sedang hamil diantaranya sakit perut, mual, muntah, kembung, kurang nafsu makan. Selain itu, sakit gigi, kram kaki, sakit punggung, berat badan⚖️ naik atau turun juga merupakan gejala fisik lainnya.

✨Gejala psikis

Gejala psikis yang dialami diantaranya gelisah, cemas, tidak bisa tidur🛏️, hingga depresi. Semakin tinggi rasa cemas, maka akan semakin kuat gejala dari sindrom ini.


Apa penyebab Couvade Syndrome dan bagaimana mengobatinya?

❓Hal apa yang menyebabkannya?

Tidak ada penyebab khusus yang menyebabkan Couvade Syndrome. Menjadi ayah👨 untuk pertama kalinya dapat meningkatkan stres dan kecemasan yang dialami. 

📌Adakah cara mengobatinya?

Tidak terdapat cara pengobatan untuk mengatasi Couvade Syndrome. Sindrom ini akan menghilang dengan sendirinya sesudah bayi lahir👶.