post-title

Perubahan Pusar ketika Hamil

Ketika hamil, salah satu bagian tubuh yang dapat ikut mengalami perubahan adalah pusar✨. Terdapat berbagai perubahan yang dapat terjadi pada pusar saat hamil. Simak bahasan selengkapnya berikut ini!


Beberapa hal yang sering ditanyakan mengenai pusar ketika hamil

🙋Apakah perlu melepas tindik pusar saat hamil?

Jika ibu hamil memiliki tindik pada pusar sebelum hamil, maka sebaiknya lepaskan saat hamil. Hal ini karena perut akan meregang saat hamil sehingga dapat merobek kulit pusar. Sebagian orang memakai cincin berbahan plastik untuk mencegah lubang tindikan buntu selama hamil🤰 dan akan kembali memakai cincin berbahan logam sesudah melahirkan.

❓Mengapa pusar menjadi rata saat hamil?

Ketika perut membesar saat hamil, pusar bisa berubah menjadi kencang dan rata. Hal ini adalah hal yang normal dan biasanya pusar akan kembali seperti semula😉 sesudah melahirkan.


Hal yang menyebabkan pusar sakit ketika hamil

☁️Pusar mengalami infeksi

Terdapat beberapa ibu hamil yang pusarnya menonjol keluar karena disebabkan oleh tekanan dari dalam perut. Hal ini dapat menyebabkan iritasi karena pusar menjadi bergesekan dengan pakaian👚. Iritasi pada pusar mudah untuk mengalami infeksi apabila terkena kotoran.

⚡Tekanan rahim

Semakin besar usia kehamilan, maka rahim akan menekan organ tubuh lain di dalam rongga perut. Saat trimester ketiga🗓️, ukuran rahim akan melampaui pusar dan menekan rongga perut sehingga pusar menjadi sakit.

✍🏻Kulit perut yang meregang

Kulit perut yang meregang saat hamil dapat menyebabkan rasa sakit, gatal🤏, dan stretch mark. Peregangan kulit membuat pusar yang terletak pada bagian tengah perut menjadi ikut bergeser yang menimbulkan rasa sakit.


Tips meredakan rasa sakit pada pusar saat hamil

🌊Mengompres dengan air hangat

Ibu hamil dapat mencoba mengompres area pusar dengan menggunakan air hangat untuk membantu meredakan rasa sakit pada pusar. Kompres 3 kali sehari selama kurang lebih 15-20 menit⏲️.

✔️Menjaga kebersihan pusar

Usahakan untuk rutin membersihkan pusar. Anda dapat menggunakan baby oil🧴 dan kapas lembut untuk mengusap kotoran di pusar.