post-title

Uhh… Tulang Ekor Sakit

Semakin besar usia kehamilan, ibu hamil akan mengalami berbagai keluhan seperti sakit punggung, kram, dan tulang ekor yang sakit. Sakit tulang ekor memang tidak berbahaya, namun membuat ibu hamil tidak nyaman ketika berbaring🛏️ dan duduk. Bagaimana cara mengatasinya?


Berbagai hal yang menyebabkan tulang ekor sakit ketika hamil

⚡Saraf tulang ekor yang tertekan

Saraf sciatica mengalami penekanan yang diakibatkan oleh ukuran janin👶 yang semakin membesar. Ketika saraf ini mengalami penekanan, maka bagian panggul dan tulang ekor akan terasa sakit.

✨Perubahan hormon

Saat hamil, tubuh ibu hamil🤰 akan menghasilkan lebih banyak hormon relaksin yang melenturkan jaringan antar sendi. Tulang panggul akan merenggang saat hormon ligamen bekerja yang membuat tulang ekor juga bergerak yang membuatnya terasa sakit.


Tips atasi tulang ekor yang sakit

✔️Memakai bantal

Ibu hamil dapat memakai bantal sebagai ganjalan ketika duduk. Jangan lupa untuk mengganti posisi duduk tiap beberapa jam⏲️ apabila duduk dalam waktu yang cukup lama. 

🚶‍♀️Rutin berolahraga

Yoga🧘🏻‍♀️ untuk ibu hamil dapat membantu mengatasi tulang ekor yang sakit. Pertama, ibu hamil dapat memposisikan tubuh seperti merangkak, lalu tarik napas dan biarkan perut untuk turun sedikit ke bawah. Kemudian, buang napas dan tekan tangan ke bawah.

🌊Mengompres dengan air hangat

Ibu hamil dapat mengompres area panggul dengan air hangat untuk membantu meredakan rasa sakit pada tulang ekor. Rendam handuk ke dalam air hangat dengan suhu🌡️ antara 37-38 derajat Celcius.

💡Menggunakan ikat pinggang khusus ibu hamil

Ibu hamil dapat memakai ikat pinggang khusus ibu hamil atau maternity belt yang berguna membantu meredakan☘️ sakit pada tulang ekor. Ikat pinggang akan mengurangi tekanan di tulang ekor sehingga meredakan rasa sakit.