post-title

Meow! Bahayanya Cakaran Kucing!

Kucing memang hewan yang menggemaskan. Namun, apabila tiba-tiba kucing mencakar anak, hal ini dapat berbahaya. Apa saja penyakit cakaran kucing🐈 yang berbahaya bagi anak?


Mengenal lebih dalam penyakit cakaran kucing

❓Penyakit cakaran kucing?

Penyakit cakaran kucing merupakan penyakit yang terjadi sesudah dicakar atau digigit kucing. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri🦠 Bartonella henselae yang dibawa oleh kucing yang masuk ke dalam kulit manusia.

🙋🏻‍♀️Apakah penyakit cakaran kucing bisa menular?

Penyakit cakaran kucing tidak bisa menular antar manusia. Penyakit ini paling sering dialami oleh anak👦🏻 yang masih berumur di bawah 20 tahun.


Apa saja gejala penyakit cakaran kucing?

✨Muncul benjolan

Biasanya akan muncul benjolan atau lepuhan pada kulit kaki🦵🏻, kepala, atau lengan sesudah anak dicakar kucing. Beberapa minggu sesudahnya, kelenjar getah bening akan membengkak.

☀️Demam, ruam

Kulit yang berada di sekitar kelenjar getah bening akan terasa hangat saat dipegang. Anak juga dapat mengalami sakit kepala, demam, rasa lelah, tidak nafsu makan🍴, dan ruam.


Bagaimana cara mengobati penyakit cakaran kucing?

✅Bisa hilang sendiri

Penyakit cakaran kucing bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 2 sampai 4 bulan📅. Biasanya penyakit ini jarang berkembang menjadi penyakit yang serius.

✍Jika kondisi parah

Namun, apabila kondisi parah, maka dokter akan meresepkan obat💊 antibiotik guna meredakan gejala. Dokter juga bisa melakukan prosedur medis seperti pengangkatan kelenjar getah bening apabila telah terinfeksi parah.