post-title

Wah Si Kecil Kidal!

Terdapat beberapa anak yang lebih dominan menggunakan tangan kiri dibanding tangan kanannya✍. Hal ini sering disebut dengan kidal. Hingga kini, tercatat 10 persen dari populasi dunia adalah kidal! Apa hal yang menyebabkan anak kidal?


Mengenal lebih dalam mengenai tangan kidal

🙋Hal yang membuat anak kidal

Berdasarkan penelitian, seseorang kidal karena saraf pada sumsum tulang belakang mereka. Hal ini telah terjadi sejak anak berada di dalam kandungan🤰.

❓Kapan bisa mengetahui anak kidal?

Sejak usia 13 minggu kehamilan, melalui USG, sudah dapat terlihat gerakan bayi mengemut jempol tangan kesukaannya sebelum otak sudah mulai mengendalikan gerakan tubuhnya. Setelah lahir, ada anak yang telah terlihat kidal dari umur 18 bulan🗓️. Ada juga yang terlihat saat menginjak umur 2 atau 3 tahun.


Cara mengetahui anak kidal atau tidak

✏️Memegang pensil warna

Ketika anak memegang pensil warna dan mencoret-coret di kertas📝 Anda dapat mengetahui tangan mana yang menjadi favoritnya untuk memegang pensil. Aktivitas ini berguna meningkatkan dominasi tangannya.

🥣Arah mengaduk

Saat anak mengaduk mainan pasir atau makanan, juga dapat terlihat tangan mana yang lebih mendominasi. Apabila arah tangan anak mengaduk berlawanan dengan arah jarum jam⏲️, maka bisa jadi ia kidal.

👨‍👩‍👧Keturunan orang tua

Berdasarkan Romper, terdapat peluang sebesar 25 hingga 50 persen anak akan menjadi kidal yang diturunkan dari orang tuanya. Sebelum bayi👶 lahir, ia dapat mempunyai kecenderungan genetik untuk menjadi kidal jika orang tuanya juga kidal.


Apa yang harus dilakukan?

✋Hindari memaksa anak untuk mengubahnya

Hindari memaksa anak untuk mengubah tangan dominannya menjadi tangan kanan. Hal ini dapat membuat anak merasa frustrasi dan memengaruhi harga dirinya😥.

👏Berikan dukungan

Anda dapat memberikan dukungan dan pengertian bahwa banyak orang terkenal di dunia yang juga kidal dan memiliki banyak prestasi. Selain itu, biasanya anak kidal mempunyai pengendalian emosi dan daya kreativitas🖊️ yang lebih unggul daripada anak yang dominan tangan kanan.