post-title

Efek Buruk Anak Kekurangan Zat Besi

Anak-anak tentunya membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satunya, zat besi🧲. Tahukah Anda, selain anemia, anak yang kekurangan zat besi akan mengalami berbagai dampak. Apa saja?


Apa saja efek jangka panjang dan jangka pendek?

⏳Efek jangka panjang

Efek jangka panjang dari anak yang kekurangan zat besi yaitu, anak dapat mengalami gangguan imunitas, penurunan dalam daya kognitif, aktivitas fisik. Anda juga dapat memberi anak vitamin C🍊 karena vitamin C dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan.

⚠️Efek jangka pendek

Efek jangka pendek yang bisa terjadi pada anak adalah perkembangan koordinasi dan motorik anak yang terganggu, anak mengalami gangguan tidur. Selain itu, perkembangan otak🧠 anak juga dapat terganggu.


Berbagai efek lainnya!

💡Efek kognitif dan bahasa anak

Anak yang kekurangan zat besi akan mudah lupa dan sulit berkonsentrasi. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada prestasi anak di sekolah🏫 dan memengaruhinya rasa percaya dirinya.

💪Efek fisik dan motorik

Anak yang kekurangan zat besi akan menjadi mudah lemas dan lelah, kekurangan berat badan dan tinggi badan. Hal ini bisa membuat anak menjadi minder dan sulit untuk bergaul👭.

💖Efek sosioemosional anak

Sosioemosional merupakan kemampuan anak dalam mengendalikan emosi dan bersosialisasi. Anak yang kekurangan zat besi juga dapat terdampak secara emosi seperti menjadi stres😞, sulit untuk mengendalikan dirinya sendiri, dan menjadi mudah marah.