post-title

Penyebab Anak Biduran

Terdapat berbagai masalah kulit yang dapat menyerang anak-anak. Salah satunya adalah biduran. Saat anak mengalami biduran✨, maka sekujur tubuhnya akan terasa gatal. Bagaimana cara mengatasinya ya?


Biduran? Gatal!

🙋Apa yang dimaksud dengan biduran?

Biduran atau dalam istilah medis disebut dengan urtikaria merupakan kondisi yang timbul pada tubuh sebagai akibat dari reaksi pada suatu alergen. Biduran biasanya berbentuk bentolan merah atau bercak-bercak yang memicu rasa gatal🤏.

💑🏽Biduran diturunkan dari orang tua?

Biduran rentan untuk terjadi pada anak dengan riwayat genetik keluarga🏠 yang juga mengalami biduran. Biduran kronis merupakan suatu jenis biduran yang diakibatkan oleh masalah pada genetik atau autoimun.

📝Hal yang menyebabkan anak mengalami biduran

Sumber alergen yang membuat anak biduran yaitu gigitan serangga, suhu udara, makanan🍚, atau obat. Biduran ini muncul sebagai suatu respon tubuh dengan suatu zat yang dianggapnya beracun.


Apa saja ciri-ciri biduran dan bagaimana cara mengatasinya?

💡Ciri-ciri biduran

Gejala biduran yang dialami oleh anak-anak yaitu, terasa gatal yang amat parah, terlihat bekas luka garukan di wajah, lengan, badan, kaki🦶 anak. Selain itu juga terdapat bentolan yang berbentuk memanjang dan ruam berwarna merah atau putih.

📌Cara mengatasi biduran pada anak

Anda dapat memandikan anak dengan air dingin🌊 atau menggunakan kompres dingin. Menghindar pemicu alergi dan melembabkan kulit dengan pelembab dengan kandungan lidah buaya juga dapat mengatasi biduran pada anak.