post-title

Mengapa Wajah Mengernyit saat Makan Asam?

Mungkin Anda pernah melihat anak Anda mengernyitkan wajahnya ketika makan atau minum sesuatu yang asam💛. Hal ini tidak hanya terjadi pada anak-anak, namun juga pada orang dewasa. Mengapa hal ini bisa terjadi?


Mengenal rasa asam

✨Rasa asam

Rasa asam berhubungan dengan banyaknya proton yang terlepas dari dalam mulut👅 manusia. Walaupun proton tidak benar-benar asam, namun para peneliti menjelaskan, tubuh manusia berevolusi guna mengartikan sifat proton sebagai asam.

🙋Mengapa manusia memerlukan vitamin C?

Vitamin C berperan dalam menjaga jaringan dan sel tubuh manusia agar tetap berjalan dengan normal. Tanpa vitamin C, manusia dapat menderita penyakit skorbut yang mengancam jiwa🍃.


Lalu, mengapa wajah mengernyit ketika makan sesuatu yang asam?

⚡Respon penolakan

Berdasarkan profesor Paul Breslin dari Departemen Ilmu Nutrisi di Rutgers University, mengeryitkan wajah ketika mengonsumsi sesuatu merupakan suatu respon penolakan dari tubuh manusia🚶‍♀️. Hal ini menandakan bahwa berarti tubuh mengonsumsi sesuatu yang tidak bisa diterima.

☘️Naluri manusia

Mengeryitkan wajah merupakan naluri manusia untuk tidak mengonsumsi hal yang berbahaya bagi tubuh. Karena itu, mengernyitkan wajah ketika mengonsumsi sesuatu yang asam dapat menjadi pertanda bahwa makanan atau minuman asam tersebut dapat berbahaya☹️ bagi tubuh.

Contoh lain, ketika anak mengonsumsi buah yang belum matang, maka wajah anak akan bereaksi dengan mengernyit saat mengonsumsinya. Begitu juga dengan susu🍼 basi, ketika anak minum susu yang sudah agak basi, maka wajah anakpun akan mengernyit.