post-title

Si Kecil Mabuk Perjalanan!

Ketika di perjalanan, anak bisa saja mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan rasa pusing, mual, hingga muntah. Bagaimana cara mencegah dan mengatasi saat anak mabuk perjalanan✨?


Mengapa anak mengalami mabuk perjalanan?

☘️Respon tubuh anak

Mata, telinga, seluruh persendian biasanya akan mengirim sinyal yang sama pada otak🧠. Contohnya, ketika anak bepergian dengan mobil, maka sebagian besar anggota tubuh anak akan mengirim sinyal pada otak untuk semua harus bergerak maju.

☁️Sensorik yang tidak cocok

Apabila anak duduk di mobil sambil melihat ke bawah untuk membaca, maka ketika telinga yang mengontrol bagian keseimbangan mengatakan untuk bergerak, mata akan merespon bahwa mata harus diam melihat buku📙. Hal ini menghasilkan ketidakcocokan pada sensorik yang membingungkan otak anak sehingga anak merasa mual.


Cara mencegah mabuk perjalanan pada anak

💊Obat pencegah mabuk perjalanan

Anda dapat memberikan anak obat pencegah mabuk perjalanan dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak👩‍⚕️. Selain itu pastikan ventilasi udara memadai agar anak merasa nyaman selama perjalanan.

⏲️Merencanakan waktu bepergian dengan tepat

Anda dapat merencanakan waktu bepergian dengan tepat dengan misalnya bepergian ketika waktu anak tidur siang😴 sehingga dapat mengurangi risiko anak mengalami mabuk perjalanan. Hindari juga memberikan anak makanan yang berat sebelum atau di tengah perjalanan untuk mencegah anak merasa mual.


Tips atasi mabuk perjalanan anak

✔️Sering berhenti di tengah perjalanan

Apabila Anda bepergian dengan mobil, maka sering berhenti di tengah perjalanan untuk beristirahat dapat membantu mengatasi mabuk perjalanan yang dialami anak. Ajak anak👧🏻 untuk keluar dari mobil dan berjalan-jalan di sekitar mobil sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

👀Mengalihkan perhatian anak

Anda dapat mengalihkan perhatian anak dari perasaan mual dengan mengajaknya mengobrol, bernyanyi🎵 bersama. Hindari membaca buku atau menonton video karena malah akan memperparah mabuk perjalanan anak.