post-title

Anak Overdosis Vitamin?!

Tahukah Anda? Anak juga bisa overdosis vitamin✨ jika mengonsumsi vitamin terlalu banyak dari dosis yang disarankan atau mengonsumsi vitamin yang seharusnya dikonsumsi hanya oleh orang dewasa. Bagaimana gejalanya jika anak mengalami kondisi ini?


Mengenal lebih dalam overdosis vitamin pada anak

📝Penyebab anak overdosis vitamin

Anak bisa mengalami overdosis vitamin yang disebabkan oleh anak mengira vitamin sebagai permen🍬 sehingga saat lepas dari pengawasan orang tua, anak mengonsumsi dengan sesukanya.

☁️Mengonsumsi vitamin atau suplemen tanpa pengawasan dokter

Mengonsumsi vitamin atau suplemen tanpa pengawasan dokter👩‍⚕️ juga dapat berbahaya bagi kesehatan anak. Terutama apabila memberikan anak vitamin yang ditujukan bagi orang dewasa.


Tanda jika anak mengalami overdosis vitamin A, B, D

👀Tanda-tanda anak overdosis vitamin A

Vitamin A yang berperan dalam kesehatan mata dan kulit akan memberikan gejala berikut ini jika dikonsumsi dengan berlebihan. Anak akan merasa penglihatannya kabur, sakit kepala, mual🤢, vertigo, pusing, bahkan koma.

🍃Tanda-tanda anak overdosis vitamin B

Vitamin B kompleks seringkali mengandung niacin yang dapat berbahaya bagi anak apabila dikonsumsi dengan berlebihan. Tanda-tanda anak mengalami overdosis vitamin B adalah anak mengalami sakit kepala⚡, wajah, dada, lengan anak berwarna merah, mual, muntah, gatal-gatal di beberapa area tubuh, dan kulit anak berwarna kekuningan.

☀️Tanda-tanda anak overdosis vitamin D

Anak yang overdosis vitamin D akan memiliki tanda sebagai berikut. Pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental anak yang lambat, anak mengalami mual dan muntah🤮, serta jumlah kalsium yang tinggi dalam darah.


Tanda jika anak mengalami overdosis kalsium dan zat besi

🥛Tanda-tanda anak overdosis kalsium

Kalsium yang penting bagi pertumbuhan gigi🦷, tulang, rambut anak akan menimbulkan gangguan kesehatan apabila dikonsumsi dengan berlebihan. Tanda-tanda overdosis kalsium pada anak adalah anak mengalami rasa haus yang berlebihan, sakit kepala, sakit tulang, detak jantung berdegup dengan kencang, dan sakit perut.

🥄Tanda-tanda anak overdosis zat besi

Overdosis zat besi bisa menyebabkan dampak korosi di jaringan sekitar pencernaan anak. Tanda anak mengalami overdosis zat besi yaitu, anak mengalami diare🚽, mual, muntah, perdarahan, dan sakit perut bagian atas.