post-title

Anak Takut Ruang Gelap

Hal yang umum bagi anak-anak untuk takut dengan ruangan atau suasana yang gelap🌙. Fobia gelap atau yang disebut juga dengan nyctophobia dapat berlanjut hingga dewasa apabila tidak ditangani dengan baik.


Apa itu fobia gelap?

💡Apa yang dimaksud dengan fobia gelap?

Fobia gelap atau nyctophobia merupakan rasa takut terhadap kegelapan yang bisa dialami oleh orang umur berapapun. Nyctophobia berasal dari bahasa Yunani nyktos yang berarti malam dan phobos yang berarti takut😖.

🙋Bagaimana dengan anak yang mengalami fobia gelap?

Anak yang mengalami fobia kegelapan dapat mengganggu perkembangan dan kehidupan sehari-harinya seperti menolak pergi ke bioskop, hingga tidak mau keluar di malam hari. Beberapa anak dengan fobia ini juga dapat memiliki kecemasan yang tinggi ketika waktu tidur🛏️ pada malam hari akan tiba.


Apa saja tanda-tanda yang terlihat pada anak dengan fobia gelap?

📝Sebelumnya, berikut hal yang dapat menjadi penyebab anak fobia gelap!

Ketika anak berusia 3 tahun, anak kemungkinan telah terpapar rangsangan seperti melihat buku cerita bergambar📙, atau menonton TV. Hal ini menyebabkan anak kemudian mengaktifkan imajinasi akan kegelapan.

👀Tanda-tanda yang terlihat

Anak akan menolak untuk terlibat dalam aktivitas yang terkait dengan gelap, anak juga menderita serangan panik dan gangguan tidur😴 yang cukup parah karena takut dengan kegelapan.


Lalu, bagaimana cara mengatasi fobia gelap yang dialami anak?

👧🏻Mengajak anak bermain hal yang ia sukai di dalam kegelapan

Anda dapat mengajak anak untuk melakukan kegiatan yang ia sukai dalam kegelapan. Hal ini dapat membantu mengubah persepsi anak mengenai kegelapan. Contohnya, Anda dapat mengajak anak Anda untuk bermain dengan hewan peliharaan yang ia sayangi atau bernyanyi🎵 lagu favoritnya di dalam kegelapan.

🌬️Berlatih teknik pernapasan

Ajak anak untuk berlatih teknik pernapasan dalam. Hal ini berguna untuk menenangkan hati dan pikiran anak. Lakukan hal ini bersama-sama dengan anak dengan merasakan udara yang masuk dan keluar dari hidung👃 sambil memfokuskan diri pada pernapasan yang dalam dan lambat.