post-title

Duh… Si Kecil Senang Teriak-Teriak

Apabila si kecil senang berteriak-teriak💨 di manapun bahkan ketika di luar rumah ketika banyak orang lain dan sulit untuk dihentikan, pastinya orang tua akan bingung, malu, dan stres mengatasinya. Kenapa ya ia senang teriak-teriak?  


Penyebab si kecil senang berteriak

💖Baru mengalami emosi yang kuat

Balita baru mengalami emosi yang kuat. Hal ini menyebabkan apabila ia merasa sedih😭, frustasi atau marah, ia akan berteriak.

🧒🏻Minta perhatian

Berteriak juga menjadi salah satu cara balita dalam meminta perhatian orang tuanya💑🏽. Karena, saat berteriak, ia akan mendapatkan perhatian itu sehingga berpikir bahwa berteriak adalah cara komunikasi yang benar.

😊Merasa senang

Semakin balita merasa senang, maka akan semakin banyak ia berteriak. Fase berteriak akan berlalu sesudah balita bisa memahami perasaannya✨.

💭Belum mampu menyampaikan perasaan

Balita belum dapat mengerti kata-kata👄 yang tepat dalam menggambarkan perasaan atau hal yang ia inginkan atau rasakan. Hal ini akhirnya membuat berteriak sebagai satu-satunya cara baginya untuk menyampaikan perasaannya.


Tips mengatasi si kecil yang senang berteriak

✔️Bantu latih keterampilan komunikasi anak

Anda dapat membantu melatih kemampuan berkomunikasi si kecil dengan menanyakan berbagai hal dengan tenang. Contohnya Anda dapat bertanya “Adik mau makan pisang🍌?”, “Adik sedang bosan, ingin jalan-jalan keluar?” dan sebagainya. Ketika anak telah kembali tenang, maka Anda dapat melatihnya untuk mengatakan “Aku bosan” daripada berteriak.

👀Memberikan perhatian pada anak

Anda dapat memberikan anak perhatian ketika ia berteriak dengan duduk🪑 bersama dan menanyakan apa alasan ia berteriak. Hindari membentaknya atau ikut berteriak. Anda kemudian dapat memberikan pengertian bahwa ia tidak akan selalu mendapatkan perhatian tiap ia berteriak.