post-title

Si Kecil Alergi Telur!

Telur🍳 merupakan salah satu bahan makanan yang mudah untuk ditemukan, diolah, dan dihidangkan untuk anak-anak. Tetapi, telur juga merupakan salah satu alergi makanan yang umum terjadi pada masa kanak-kanak.


Mengenal lebih dalam alergi telur

❓Alergi telur? Apa itu?

Alergi telur disebabkan karena sistem kekebalan tubuh salah mengenali satu atau lebih protein di dalam telur sebagai zat yang berbahaya. Hal ini menyebabkan tubuh melepaskan zat kimia✨ yang memunculkan reaksi alergi.

🍽️Kapan sebaiknya mulai memberikan anak telur?

Para ahli merekomendasikan orang tua untuk segera memperkenalkan telur dan makanan lain yang berpotensi alergi ketika anak telah berumur 6 bulan🗓️. Hal ini berguna untuk membantu mengurangi risiko alergi pada anak.

🙋Namun, mengapa anak tidak alergi dengan produk telur yang dipanggang?

Sebagian besar anak-anak tidak alergi dengan produk telur yang dipanggang, contohnya kue🍰. Hal ini karena terdapat sesuatu di dalam telur yang apabila dicampur dengan tepung dan dipanggang akan mengubah protein yang membuat sistem kekebalan tubuh tidak mengenalinya lagi.


Cara mengatasi alergi telur anak

☘️Apakah alergi telur adalah alergi yang umum?

Alergi telur dialami oleh kurang lebih 2 persen anak seluruh dunia. Alergi telur timbul saat anak terlebih dahulu terpapar telur🥚, contohnya ketika tidak sadar bersentuhan melalui kulit yang rusak seperti eksim atau makan dalam jumlah yang sedikit.

📌Bisakah alergi telur anak sembuh?

Obat💊 untuk mengatasi alergi telur belum ada. Tapi, dapat dilakukan imunoterapi oral dengan meningkatkan dosis harian alergi dengan bertahap guna membangun toleransi. Selain itu, berdasarkan penelitian pada tahun 2007, seiring pertumbuhan, tubuh anak akan membangun toleransi dengan telur.