post-title

Membawa Anak ke Dokter Mata

Ketika mengalami gangguan pada mata, biasanya anak-anak masih sulit untuk menjelaskannya. Karena itu, supaya tidak bingung lagi, berikut akan dibahas berbagai gejala yang muncul saat anak mengalami gangguan mata👀.


Mengenali gangguan mata pada anak

🙋Apa saja gejala umum jika anak mengalami masalah dengan penglihatan?

Biasanya, anak akan sering menyipitkan matanya untuk melihat ketika matanya bermasalah. Anak bisa juga sering memiringkan kepalanya atau mendekatkan wajahnya🧒🏻 agar bisa melihat dengan fokus. 

📅Sejak umur berapa anak sudah bisa melakukan pemeriksaan mata?

Anak dapat melakukan pemeriksaan mata sejak umur 6 bulan. Bagi anak yang lahir dengan kondisi khusus, pemeriksaan mata dapat dilakukan sejak lahir👶 untuk mengecek kemampuan penglihatannya.


Segera bawa anak ke dokter spesialis mata anak jika terlihat tanda berikut ini!

🤓Kondisi mata yang terlihat

Mata anak yang terlihat juling, berair🌊 terus-menerus, merah merupakan kondisi mata yang perlu diwaspadai. Bawa anak ke dokter mata jika kelopak mata atau mata anak terlihat menonjol atau terkulai.

🤏Anak sering melakukan hal ini

Jika anak sering terlihat menyipitkan matanya ketika mengamati sesuatu dan memiringkan kepalanya, maka kemungkinan besar terdapat masalah pada penglihatannya. Selain itu, bawa ke dokter mata jika anak juga sering terlihat mengucek matanya ketika tidak sedang mengantuk🛏️.


Hal-hal yang harus disiapkan sebelum pergi ke dokter mata

📝Informasikan gejala yang anak alami

Informasikan gejala-gejala gangguan mata atau kondisi mata anak selama ini pada dokter spesialis mata anak pada kunjungan pertama. Jangan lupa untuk menginformasikan alergi atau riwayat✍🏻 operasi jika anak pernah melakukannya.

📙Siapkan daftar pertanyaan

Anda juga dapat menyiapkan daftar pertanyaan dari rumah yang berisi hal-hal yang ingin Anda tanyakan pada dokter👩‍⚕️ spesialis mata anak.

✔️Jangan lupa untuk membawa ini!

Jangan lupa untuk membawa kartu asuransi anak, riwayat pemeriksaan mata anak sebelumnya, kacamata anak, dan obat-obatan💊 yang anak konsumsi.