post-title

Tips Atasi Gangguan Pencernaan Anak

Gangguan pencernaan merupakan gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh anak-anak. Mual🤢, muntah, sakit perut, sulit buang air besar, perut kembung, dan sebagainya. Untuk mengobatinya, pastinya memerlukan obat dari dokter. Namun, selain obat dokter, Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk membantu mengatasinya.


Hindari hal-hal berikut ini!

🌶️Makanan yang terlalu pedas dan asam

Makanan yang terlalu pedas dan asam akan mengiritasi dinding lambung yang membuat asam lambung menjadi meningkat. Gastritis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh asam lambung💨 yang meningkat.

☁️Makanan dengan kandungan laktosa bagi anak pengidap intoleransi laktosa

Anak penderita intoleransi laktosa sebaiknya mengurangi makanan dan minuman dengan kandungan laktosa. Intoleransi laktosa adalah gangguan pencernaan ketika tubuh tidak mampu mencerna laktosa dengan baik. Contohnya, Anda dapat mengganti susu sapi🐮 dengan susu kedelai.


Coba lakukan hal berikut ini!

☘️Memberikan anak makanan kaya serat

Dengan memberikan anak makanan kaya serat secara rutin, dapat membantu mencegah anak kesulitan buang air besar. Anda dapat memberikan anak sayur dan buah🍌 dalam menu makanannya tiap hari.

🌊Pastikan asupan cairan anak tercukupi

Ketika anak mengalami diare, maka hal yang paling utama untuk diperhatikan adalah asupan cairan tubuhnya✨. Pastikan asupan cairan anak tercukupi dengan memberikan anak oralit ketika mengalami diare dan memberikan air putih dengan rutin sesudah anak sembuh.

❤️Melakukan gaya hidup sehat

Usahakan agar anak melakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah ke kamar mandi, sebelum makan, dan makan🍽️ makanan yang bergizi.