post-title

Ciri Si Kecil Berbakat!

Tentunya tidak ada orang tua yang tidak menginginkan anaknya pintar dan berbakat. Tetapi, semua anak di dunia pastinya memiliki keunggulannya masing-masing. Supaya tidak salah mengarahkan kemampuan si kecil, berikut cara mengenali bakatnya🤓!


Identifikasi kecerdasan anak

🙋Bagaimana cara identifikasi formal kecerdasan anak?

Apabila Anda merasa buah hati Anda berbakat, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog pendidikan untuk melakukan tes IQ✍🏻 pada anak. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan pada sekolah anak, apakah bisa mengatur tes literasi-berhitung seperti tes NAPLAN dan tes IQ.

💡Cara identifikasi informal kecerdasan anak

Anda dapat mengidentifikasi kecerdasan anak dengan mengamati perilaku dan aktivitas anak. Anda dapat mencatat pertanyaan berbobot yang anak tanyakan pada Anda, mencatat tulisan dan gambar yang anak buat, minat pribadi anak, dan merekam kemampuan anak ketika berolahraga atau memainkan alat musik🎵.

✔️Anak menjadi lebih terarah

Mengetahui bakat anak dengan baik, dapat membuat perkembangan anak menjadi lebih terarah sesuai dengan bakat yang ia miliki. Namun, yang terpenting, tetap utamakan minat pribadi dan kebahagiaan😊 anak.


Meskipun anak berbakat, jangan lupakan hal ini!

💭Berikan anak pengertian

Jangan lupa untuk memberikan anak pengertian bahwa semua orang memiliki kemampuan✨ yang berbeda-beda, tiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

👏Berikan apresiasi

Berikan anak apresiasi atas kemampuan dan usaha yang mereka lakukan. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai, semakin percaya diri, dan bangga dengan dirinya sendiri. Ketika anak melihat bahwa orang tua💑🏽 menghargai usaha yang mereka lakukan, maka anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang menghargai usaha orang lain.