post-title

Si Kecil Senang Nyemil!

Sebagian besar anak-anak senang makan camilan. Hal ini adalah normal karena si kecil sedang dalam masa pertumbuhan. Namun, camilan🍞 yang tidak sehat tentunya bisa menyebabkan efek buruk bagi si kecil, seperti obesitas.


Porsi camilan anak

❓Si kecil boleh makan camilan seberapa banyak?

Mungkin Anda bingung seberapa banyak sebenarnya si kecil boleh makan camilan? Untuk jumlah porsi camilan anak dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak. Namun, sebaiknya Anda tidak memberikan camilan yang terlalu berat seperti kue atau roti apalagi menjelang jam makan🍴 karena dapat mengganggu jam makan anak.

⏲️Membuat jadwal waktu untuk makan camilan

Anda sebaiknya membuat jadwal waktu untuk anak makan camilan. Hal ini berguna untuk menghindari anak makan camilan kapan saja tanpa adanya batasan. Contohnya, anak dapat makan camilan di jam 11 siang☀️ dan 4 sore.


Berbagai tips lainnya agar anak tidak kelebihan makan camilan!

✔️Anak perlu berlatih

Anak perlu berlatih untuk mengerti porsi camilan🍪 yang tepat baginya. Contohnya, anak hanya boleh makan maksimal 5 potongan apel. Biasakan juga anak untuk merapikan kembali alat makan yang sudah ia gunakan.

✨Berikan camilan sehat

Anda dapat memberikan anak camilan sehat seperti kacang dan buah. Hindari memberikan terlalu banyak camilan tidak sehat yang mengandung banyak pemanis buatan, misalnya snack kemasan, permen🍬, dan cokelat.

🤏Hindari menaruh camilan di tempat yang mudah anak jangkau

HIndari menaruh camilan di tempat yang mudah anak jangkau. Hal ini penting agar anak tidak bisa sesuka hati makan camilan kapanpun dan sebanyak yang mereka mau😉.

💨Ajari anak mengenali rasa lapar

Anak biasanya belum mampu mengenali rasa lapar mereka. Hal ini membuat mereka mengonsumsi terlalu banyak camilan. Beritahu anak👧🏻 bagaimana rasanya lapar dan kenyang.

💡Minuman anak

Minuman manis seperti jus dalam kemasan, soda mengandung banyak gula yang biasanya lebih banyak dari yang anak perlukan. Anda dapat mengganti minuman anak dengan jus buah buatan Anda sendiri, air mineral, atau susu🥛.