post-title

Duh… Si Kecil Makannya Berantakan

Aktivitas makan si kecil menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang tua. Dari pilih-pilih makanan, tidak mau makan, hingga makan yang berantakan. Nah, bagaimana cara mengatasi si kecil yang makan berantakan?️?


Si kecil makan berantakan ada manfaatnya?

✨Eksplorasi

Makan berantakan melatih anak untuk mengeksplorasi berbagai tekstur, rasa, bentuk, bau makanan dengan menggunakan tangan, mulut?, dan indera perasa. Anak juga berlatih mandiri dengan makan sendiri.

?Cara berlatih anak

Dengan makan sendiri walaupun berantakan, dapat melatih motorik kasar dan halus anak. Anak juga belajar untuk memahami bahwa makan merupakan kegiatan yang menyenangkan?.


Cara mengatasi anak yang makan berantakan

✋Hindari membentak anak

Meskipun makan berantakan adalah suatu fase perkembangan yang pasti dialami semua anak, orang tua seringkali kesal, marah, bahkan seringkali membentak anak. Hindari melakukan hal ini, namun hadapi anak dengan sabar?️ dan tenang. Biarkan anak untuk melatih motoriknya dengan memegang, mengunyah, melempar, atau meremas makanan.

?Pilih peralatan makan yang sesuai

Anda dapat memilih piring dan sendok? dengan lengkungan yang cukup dalam agar makanan anak tidak mudah tercecer. Jangan lupa untuk memakaikan anak celemek khusus yang memiliki kantong penampung di bawahnya sehingga makanan yang terjatuh akan masuk ke dalam kantong celemek tersebut.

⏲️Membatasi waktu makan

Anda dapat membatasi waktu anak saat makan dengan membuat jadwal jam berapa anak harus makan dan berapa lama. Hal ini dapat membantu anak untuk lebih disiplin ketika makan dan mencegah ia makan dengan berantakan?.

?Kurangi porsi makan

Biasanya anak akan memainkan? makanan yang ia sisakan karena sudah merasa kenyang. Anda dapat mencoba menyesuaikan porsi makan anak menjadi lebih sedikit. Biarkan anak untuk bermain-main sebentar dengan makanannya untuk bereksplorasi, kemudian Anda dapat membersihkan meja dan tubuh anak yang kotor.