post-title

Hindari Selalu Menuruti Keinginan Anak!

Sebagai orang tua, tentunya ingin selalu memberikan yang terbaik? bagi anak-anaknya. Namun, hindari untuk selalu menuruti semua keinginan anak, karena dapat berdampak buruk bagi anak.


Dampak buruk jika selalu menuruti keinginan anak

?Anak tumbuh menjadi pribadi yang sulit menerima kenyataan

Pola asuh yang selalu memanjakan dengan menuruti semua keinginan anak dapat menyebabkan anak tumbuh menjadi pribadi yang sulit menerima kenyataan, terutama ketika menghadapi realitas kehidupan☘️.

?Tumbuh menjadi pribadi yang jarang mengucapkan “terima kasih”

Dikutip dari Best Life, apabila anak tidak mengucapkan terima kasih bahkan saat diminta, maka hal itu berarti anak sudah tumbuh menjadi pribadi yang manja☹️. Anak merasa semua hal yang diberikan padanya memang sudah seharusnya ia terima.

?Mengamuk saat tidak mendapatkan yang ia mau

Apabila anak terbiasa untuk selalu dituruti semua keinginannya, maka jika suatu saat ia mendapatkan penolakan, ia bisa kesal?, marah, dan mengamuk. Anak juga dapat tumbuh menjadi pribadi yang jarang puas dengan apa yang mereka miliki.


Tips menolak keinginan anak!

?Memberikan anak tantangan

Ketika anak minta dibelikan mainan baru yang ia inginkan, Anda dapat memberikan anak tantangan, misalnya membereskan mainannya? selama beberapa hari ke depan. Melalui hal ini, anak juga dapat belajar bahwa untuk mendapatkan sesuatu, diperlukan usaha.

✔️Menceritakan pengalaman masa kecil

Anda dapat menceritakan pengalaman masa kecil ketika tidak bisa selalu mendapatkan apa yang diinginkan. Dengan menolak keinginan anak dibarengi dengan menceritakan pengalaman orang tua?? sewaktu kecil dapat membuat anak lebih dapat menerima dengan logis penolakan dari orang tua.

❓Menanyakan alasan anak

Langsung menolak permintaan anak dapat membuatnya mengamuk. Karena itu, tanyakan dahulu alasan anak meminta barang tersebut dan berikan pengertian pada anak jika apa yang ia minta tidak masuk akal. Anda juga dapat menolak sambil membuat suasana bercanda? agar anak dapat sejenak melupakan keinginannya membeli barang tersebut.