post-title

Anak Senang Makan Sambil Main HP!

Makan sambil main HP memang akan membuat anak dapat makan dengan tenang. Namun, tahukah Anda mengenai banyaknya efek buruk dari makan sambil main HP📱 atau nonton TV?


Berbagai efek buruk dari makan sambil main HP

😖Anak merasa kurang kenyang

Makan sambil main HP akan mengaburkan konsentrasi anak. Hal ini membuat anak menjadi kurang fokus👀 ketika makan sehingga merasa kurang kenyang bahkan sesudah makan dalam jumlah banyak. Anakpun pada akhirnya menjadi makan berlebihan.

☁️Metabolisme anak menjadi rendah

Metabolisme anak dapat menurun jika makan sambil main HP atau nonton TV. Penyebabnya, aktivitas duduk sambil main HP atau nonton TV bukan aktivitas yang membakar energi. Menurunnya metabolisme dapat membuat pencernaan anak bekerja lebih lama⏲️.

🍴Menjadi kebiasaan makan yang tidak baik

Makan sambil main HP akan menjadi kebiasaan makan yang tidak baik. Tentunya akan lebih baik dan bermanfaat jika aktivitas makan dilakukan di meja makan bersama dengan orang tua. Orang tua dan anak dapat makan sambil mengobrol💭 sehingga mempererat hubungan orang tua dan anak.

✨Penyebab anak mengalami obesitas

Berbagai penelitian sosial menyatakan bahwa makan sambil bermain HP atau menonton TV📺 akan membuat anak makan dalam porsi yang terlalu banyak. Hal ini karena mereka lebih memperhatikan yang ada di layar daripada fokus pada makanan mereka.


Tips atasi kebiasaan anak makan sambil main HP!

✔️Biasakan anak untuk makan di meja makan

Biasakan anak untuk makan di meja makan bersama dengan anggota keluarga yang lain. Biasakan pula anak untuk tidak makan sambil mengerjakan aktivitas lain seperti menonton TV atau membaca buku📘.

🍲Beri anak makan ketika benar-benar merasa lapar

Memberikan anak makan🍚 saat anak benar-benar merasa lapar akan membuat mereka makan dengan lebih fokus dan cepat. Hal ini karena saat lapar, mereka tidak akan mengutamakan main game di HP sambil makan.