post-title

Gejala Penyakit Leukemia pada Anak!

Leukemia atau kanker darah adalah salah satu jenis kanker yang banyak diderita anak di Indonesia. Biasanya penyakit leukemia baru diketahui saat kondisinya sudah parah. Agar tidak terlambat, mari kenali gejala penyakit leukemia✨ pada anak berikut ini.


Berbagai gejala leukemia pada anak

?Anak sering menderita infeksi

Anak dengan leukemia sering menderita infeksi bakteri atau virus dalam jangka panjang. Hal ini karena sel darah putih yang dibutuhkan dalam melawan infeksi belum matang sehingga tidak mampu berfungsi dengan baik. Infeksi yang dialami anak dengan leukemia biasanya sering tidak membaik bahkan walau telah mengonsumsi antibiotik?.

?Sering memar

Anak yang menderita leukemia biasanya sering memar atau perdarahan dalam jumlah yang banyak? walaupun hanya mengalami cedera yang ringan. Hasil tes darah anak dengan leukemia biasanya memiliki jumlah trombosit rendah yang tidak normal.

⚡Nyeri persendian dan tulang

Leukemia membuat percepatan reproduksi sel darah yang menyebabkan kepadatan sel darah. Penumpukan sel membuat anak merasakan nyeri pada sendi dan tulang?.

?️Sulit bernapas

Sel leukemia dapat mengalami penggumpalan pada sekitar timus yang merupakan kelenjar pada pangkal leher. Hal ini membuat anak kesulitan bernapas?.


Penyebab anak menderita leukemia

☘️Faktor keturunan

Faktor keturunan atau genetik merupakan penyebab terbesar bagi anak-anak untuk mengalami leukemia. Kelainan sejak lahir seperti down syndrome✨ juga membuat risiko anak mengalami leukemia ketika bertumbuh dewasa menjadi lebih besar.

☁️Infeksi virus

Infeksi virus dapat menyebabkan leukemia. Jenis virus tersebut di antaranya virus leukemia feline atau retrovirus yang menginfeksi kucing? dan retrovirus yang merupakan kelompok virus yang memiliki karakteristik khusus yang biasanya terdapat pada kera atau orangutan.

?Asap rokok

Anak yang orang tuanya merupakan perokok? aktif dapat meningkatkan risiko mengalami leukemia dibanding anak dengan orang tua yang bukan perokok. Anak dengan orang tua perokok akan berisiko terkena Acute Myeloid Leukemia atau AML.


Cara mengobati leukemia anak

?Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan utama dalam mengobati leukemia pada anak. Anak akan menerima obat antikanker yang diminum atau disuntik? ke dalam otot, vena, atau kanal tulang belakang.

?Terapi target

Pengobatan terapi target memakai obat? yang menyerang sel kanker dengan spesifik. Pengobatan ini tidak merusak sel yang sehat.

?‍⚕️Radioterapi

Radioterapi disebut juga dengan terapi radiasi. Terapi ini memakai radiasi? yang berenergi tinggi guna membunuh sel kanker.

✍?Transplantasi sumsum tulang

Transplantasi sumsum tulang? dilakukan dengan mengganti sel punca yang rusak dengan sel punca yang sehat karena kemoterapi dosis tinggi.