post-title

Kenapa ya.. Si Kecil Suka Mengadu

Pernahkah si kecil mengadu💭 sesuatu pada Anda? Hal ini biasanya terjadi karena si kecil belum mengerti cara menempatkan dirinya dari sudut pandang orang lain. Karena itu, biasanya pengaduan yang dilakukan anak tidak bermaksud buruk.


Penyebab anak suka mengadu dari sisi orang tua

👨Butuh bantuan orang tua

Kadang-kadang anak mengadu karena membutuhkan bantuan dari orang tua dalam menyelesaikan masalah yang sedang ia alami. Biasanya, anak akan mengadu mengenai masalah pertemanan👧🏻.

👀Anak berusaha mendapat perhatian orang tua

Si kecil🧒🏻 biasanya senang untuk mencari perhatian orang tuanya. Karena itu, mengadu juga menjadi salah satu cara bagi dirinya agar semua orang termasuk orang tuanya langsung memerhatikan dirinya.

💑🏽Mengharapkan dukungan dari orang tua

Ketika anak kecil mengadu, biasanya ia akan mengharapkan pembelaan dan dukungan dari orang tuanya. Hal ini karena anak merasa pembenaran dari orang dewasa🚶‍♀️ adalah hal yang penting bagi dirinya.


Penyebab lain dari anak yang suka mengadu

🤔Ingin mendapatkan sesuatu

Anak kecil terkadang akan pura-pura menangis saat ingin mendapatkan sesuatu. Ketika ia merasa kesal😫 dengan seseorang, maka ia akan mengadu dengan harapan orang tua akan memarahi orang yang membuatnya kesal tersebut.

✋Ingin menguasai dan memenangkan persaingan

Jika si kecil mempunyai saudara kandung👧🏻 apalagi yang perbedaan usianya tidak jauh, maka keduanya biasanya memiliki keinginan untuk mendapatkan perhatian yang lebih dari orang tuanya. Karena itu, mengadu menjadi salah satu cara bagi si kecil untuk mendapatkan dan memenangkan perhatian orang tua.


Berikut cara mengatasi sifat suka mengadu si kecil!

☘️Tunjukkan sikap netral

Pastikan untuk menunjukkan sikap netral✔️ pada anak ketika ia mengadu. Terutama apabila si kecil mengadu mengenai masalah yang menunjukkan ia ingin menerima pembelaan di hadapan saudara kandungnya sendiri.

😉Memberikan perhatian

Anda dapat memberikan perhatian pada anak ketika mengadu jika mereka mengadu mengenai masalah pertemanannya atau hal yang membuat mereka merasa sedih😢. Dengarkan keluh kesah anak dengan baik dan jangan lupa untuk memberikan semangat dan solusi atas permasalahannya.