post-title

Tips Ajari Anak Menulis

Mungkin Anda bingung kapan sebaiknya mulai mengajari si kecil menulis✍🏻? dan bagaimana cara mengajarinya. Berikut bahasan selengkapnya mengenai mengajari anak menulis!


Kapan mulai mengajari menulis?

🙋Mulai kapan anak sudah bisa belajar menulis?

Anak sudah dapat mulai memasuki tahapan belajar menulis dari umur 15 bulan. Hal ini karena, ketika di usia ini, si kecil sudah mulai mampu memegang spidol atau krayon🖍️ dengan kepalan tangannya.

📝Tahapan menulis anak berdasarkan usianya

Pada usia 2,5 tahun sampai 3 tahun, kemampuan kontrol motorik anak sudah berkembang dengan lebih baik sehingga ia sudah bisa mencoret-coret dengan spidol. Kemudian pada usia 3 tahun, anak telah dapat memegang spidol dengan lebih sempurna di antara ibu jari dan jari tengahnya🤏. Di usia 3-5 tahun, anak bisa mengenal bentuk, garis, pola, warna.


Tips mengajari anak menulis!

👧🏻Belajar sejak usia dini

Anda tidak perlu menunggu sampai anak bisa berbicara atau membaca untuk mengajarkannya menulis. Anda dapat mulai memperkenalkan anak dengan menulis sejak anak sudah dapat menggenggam alat tulis✏️.

👏Mengapresiasi kemajuan anak

Sebagai orang tua, penting untuk menghargai usaha anak. Karena itu, tekankan kemajuan anak daripada kesempurnaan. Berikan apresiasi atas kemajuan yang anak berhasil lakukan, sekecil apapun kemajuan itu😉.

✨Belajar sambil bermain

Daripada duduk belajar dengan serius, belajar sambil bermain🎈 tentunya merupakan hal yang alami dilakukan oleh anak-anak. Anda dapat membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan bagi anak dengan menulis dengan jari menggunakan cat pewarna yang aman bagi anak atau menulis di atas kertas besar dengan spidol warna warni.