post-title

Mengapa Berat Badan Si Kecil Menurun Drastis?

Sebagai orang tua, pastinya akan khawatir jika melihat tubuh anak yang semakin kurus. Apa saja penyebab berat badan⚖️ anak yang semakin menurun? Simak informasi selengkapnya berikut ini!


Apa saja berbagai penyebab berat badan anak menurun drastis?

✨Anak mengalami radang amandel

Anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh belum sempurna dapat mengalami radang amandel yang membuat anak batuk, sakit kepala, sulit menelan makanan. Sulit menelan makanan karena terasa sakit saat menelan dapat membuat anak hilang nafsu makan?.

?Anak mengalami diare

Diare bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya makanan yang kotor. Anak yang mengalami diare akan kehilangan banyak cairan? dari dalam tubuh yang bisa membuat berat badan anak menurun secara drastis.

✨Kanker

Kanker dapat menyerang segala usia, bahkan anak-anak. Kanker anak biasanya menyerang anak-anak dengan usia di bawah 18 tahun?️. Kanker yang biasanya dialami anak-anak yaitu, limfoma maligna, neuroblastoma, leukemia, retinoblastoma.

?Sariawan di mulut

Apabila anak mengalami sariawan di dalam mulut, maka nafsu makan anak bisa menurun. Nafsu makan? anak yang menurun lama-kelamaan dapat menyebabkan berat badan anak juga menurun.

?Gangguan tiroid

Gangguan pada tiroid anak, misalnya kelenjar tiroid yang kurang aktif atau hipotiroid akan membuat berat badan cenderung mengalami kenaikan. Sedangkan kelenjar tiroid yang superaktif atau hipertiroid akan membuat berat badan anak?? cenderung menurun.


Apa yang harus dilakukan?

✍?Perhatikan perubahan yang terjadi

Perhatikan? dan catat perubahan yang terjadi pada kondisi tubuh anak. Terutama jika anak mengalami penurunan berat badan hingga melebihi 5 persen berat badannya dalam waktu kurang dari 6 bulan.

?‍⚕️Berkonsultasi dengan dokter anak

Bawa catatan kondisi tubuh anak yang telah Anda siapkan sebelumnya. Beritahu dokter perubahan apa saja yang terjadi dan gejala-gejala yang anak alami akhir-akhir ini, misalnya demam, sakit kepala, mual? atau muntah.