post-title

Saatnya Ganti Popok!

Setiap orang tua pastinya mau tidak mau harus bisa mengganti popok bayinya. Namun, bagi pasangan yang baru pertama kali menjadi orang tua pastinya akan bingung bagaimana cara yang benar dalam mengganti popok✨ si buah hati. Supaya tidak bingung lagi, berikut bahasannya!


Apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk mengganti popok?

☘️Popok bayi dan tempat yang bersih

Pertama-tama siapkan popok bayi dan tempat yang bersih sebagai tempat mengganti popok. Contohnya kasur🛏️, meja khusus ataupun lantai yang telah diberi alas sebelumnya.

✔️Kain bersih

Berikutnya siapkan kain bersih dan air hangat untuk membersihkan kulit bayi. Anda juga dapat menggunakan tisu basah khusus untuk bayi yang tidak memiliki kandungan alkohol.

👚Baju ganti dan kantong

Terakhir, siapkan baju ganti untuk mengganti baju bayi apabila perlu dan kantong. Kantong diperlukan sebagai tempat popok bekas bayi.


Cara mengganti popok bayi!

✋Mencuci tangan

Biasakan untuk mencuci tangan setiap sebelum menyentuh bayi Anda. Gunakan sabun🧼 ketika mencuci tangan. Tetapi, apabila sedang tidak ada sabun, Anda dapat membersihkan tangan Anda dengan tisu basah atau hand sanitizer.

🤏Membuka perekat popok yang kotor

Letakkan bayi Anda di atas permukaan tempat yang bersih. Buka perekat popoknya yang kotor tapi usahakan perekatnya tidak sampai rusak. Lalu, tarik bagian depan popok yang kotor dan turunkan ke bawah. Tutup area kemaluan bayi laki-laki dengan kain bersih. Hal ini untuk mencegah aliran urinenya mengenai Anda atau si kecil👶.

Pegang kedua pergelangan kaki🦵 bayi ke atas dengan perlahan untuk mengangkat bokongnya. Ambil bagian depan popok dan lipat sampai menutupi bagian yang kotor dan masukkan ke dalam kantung plastik dan buang ke tempat sampah.

✨Membersihkan kulit bayi

Berikutnya, bersihkan alat kelamin, lipatan paha, anus bayi dari sisa urine atau kotoran yang menempel dengan menggunakan kapas basah atau tisu basah sampai bersih. Pastikan untuk membersihkan dari arah depan ke belakang untuk mencegah risiko infeksi saluran kencing. Lap dengan handuk kering berbahan lembut yang bersih atau biarkan mengering💨.

📌Memakaikan popok bersih

Pertama-tama selipkan bagian belakang popok bersih ke bawah bokong bayi dan geserkan ke arah pinggang. Posisi perekat sebaiknya tetap berada di sekitar pinggang. Lalu, tarik bagian depan popok ke arah perut bayi. Buka perekat pada bagian belakang popok dan tarik ke arah perut untuk direkatkan. Pastikan untuk tidak merekatkan dengan terlalu kencang😉.

💡Buang sisa tisu kotor dan cuci tangan

Buang tisu kotor, popok kotor ke kantong plastik, ikat, dan buang ke tempat sampah. Pastikan untuk mencuci tangan sesudah Anda mengganti popok si kecil.