post-title

Bayi Tidur dengan Mata Tertutup tapi Bergerak-Gerak

Kadang-kadang ada bayi yang tertidur dengan mata tertutup namun seperti bergerak-gerak. Ada juga bayi yang tidur dengan mata👀 terbuka. Orang tua pastinya akan khawatir melihatnya. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya.


Penyebab bayi tidur dengan mata bergerak-gerak

📝Kondisi medis tertentu

Kondisi medis tertentu dapat menyebabkan bayi tidur dengan mata terbuka atau bergerak-gerak. Gangguan tumor dan tiroid yang berhubungan dengan perkembangan sistem saraf dan otak🧠 bayi, terutama jika hal ini berkaitan dengan dampak bayi terjatuh dari tempat tidur dapat membuat terjadinya kondisi ini.

✨Faktor keturunan

Faktor keturunan dapat memengaruhi kondisi bayi tidur dengan mata terbuka atau bergerak. Apabila salah satu orang tua👨‍👩‍👧 dari bayi juga mengalami hal ini, maka termasuk hal yang normal.


Cara mengatasi kebiasaan bayi tidur dengan mata terbuka atau bergerak

📌Apabila mata bayi terbuka

Jika mata bayi terbuka ketika tidur, usap bagian atas mata dengan lembut. Kemudian, jika sudah terlihat santai, tutup dengan cara mengusapnya dari atas ke bawah dengan perlahan.

✋Jika mata bayi tertutup namun bergerak-gerak

Anda dapat mengusap kelopak mata bayi dengan lembut sampai mata bayi terlihat tenang. Sebaiknya tenangkan mata bayi yang bergerak ketika bayi telah tertidur nyenyak😴.

🏥Membawa ke dokter

Sebaiknya bawa bayi ke dokter👨‍⚕️ untuk diperiksa apabila kondisi tersebut tetap terjadi walaupun bayi sudah berumur lebih dari 18 bulan. Selain itu, hindari memakaikan bayi penutup mata untuk memaksa menutup matanya karena dapat membahayakan mata bayi.