post-title

Apakah Tanda Lahir Bayi Berbahaya?

Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa tanda lahir pada bayi yang berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit? Mari kenali ciri-ciri dari tanda lahir yang berbahaya dan berbagai jenis tanda lahir pada bayi👶.


Apa saja ciri dari tanda lahir yang berbahaya?

🔎Letak dan ukuran tanda lahir

Letak tanda lahir berada terlalu dekat dengan mata, mulut, dan hidung👃. Ukuran tanda lahir juga semakin besar, menggumpal, dan berwarna gelap.

💡Jumlah tanda lahir

Mempunyai 6 buah tanda lahir cafe au lait atau lebih, atau tahi lalat berukuran besar sejak lahir. Tanda lahir yang terasa nyeri⚡ juga merupakan salah satu ciri dari tanda lahir yang berbahaya.


Waspadai jika kondisi tanda lahir si kecil berubah!

✨Tahi lalat

Tahi lalat biasanya berwarna coklat atau kehitaman dan akan mengecil dan memudar seiring waktu. Tetapi, ada juga tahi lalat yang malah semakin membesar dan ditumbuhi bulu. Jika tahi lalat memiliki kondisi ini, Anda sebaiknya membawa si kecil ke dokter👩‍⚕️.

☘️Cafe Au Lait

Cafe au lait merupakan bercak kecoklatan seperti warna kopi yang biasanya terdapat pada kulit bayi yang baru lahir. Biasanya, bercak ini akan memudar seiring pertumbuhan bayi, namun bisa juga malah berwarna lebih tebal dan bertambah banyak jumlahnya yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet☀️.


Tanda lahir yang berbahaya

📌Salmon Patch

Salmon patch sering disebut juga dengan angel kiss. Tanda lahir jenis ini berbahaya karena bisa disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang berlebih pada kulit. Salmon patch biasanya berwarna merah yang muncul pada bagian leher, dahi, belakang kepala, atau kelopak mata👀 bayi.

☁️Hemangioma

Hemangioma biasanya berbentuk benjolan elastis berwarna merah atau kebiruan yang merupakan salah satu jenis tanda lahir berbahaya. Hemangioma biasanya muncul pada lengan, kaki🦵, kepala, atau leher bayi sesudah beberapa bulan pertama bayi lahir.