post-title

Si Kecil Cegukan!

Mungkin Anda merasa khawatir ketika melihat buah hati yang masih kecil cegukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena cegukan✨ pada bayi bukan hal yang berbahaya dan dapat menjadi pertanda bahwa si kecil tumbuh dengan normal.


Hindari melakukan hal ini ketika bayi cegukan!

💦Menaruh kain basah di dahi

Hindari menaruh kain basah pada dahi bayi saat cegukan. Selain itu, jangan menekan dahi atau menarik lidah👅 bayi ketika cegukan.

😲Mengejutkan bayi

Hindari pula untuk mengejutkan bayi atau memberikan bantuan pernapasan👃 ketika bayi cegukan.


Bagaimana cara mencegah dan menangani bayi yang cegukan?

✋Usap punggung bayi

Usap punggung bayi dengan lembut dan ayunkan bayi ke depan ke belakang untuk membuat bayi merasa rileks☘️. Hal ini akan membantu meredakan cegukan bayi.

🍼Menyusui bayi dengan perlahan

Susui bayi dengan perlahan namun sering dan miringkan botol👩‍🍼 dengan sudut 45 derajat ketika menyusui. Hal ini untuk membuat udara di dalam botol naik menuju bagian bawah botol.

🪑Pangku bayi dalam posisi tegak

Pangku bayi dalam posisi tegak ketika memberi makan atau sesudah menyusui. Hal ini untuk mengurangi jumlah udara🌬️ yang masuk ke dalam perut.

🏥Bawa bayi ke dokter jika

Bawa bayi ke dokter apabila bayi juga mengalami kondisi seperti sulit bernapas, sering menangis😭, air liur keluar lebih sering dibanding biasanya atau ludah berwarna kekuningan atau kehijauan.