post-title

Anak Alami Meltdown! Apa Itu?

Pernahkah Anda mendengar istilah meltdown? Meltdown adalah dorongan emosi yang dialami oleh anak saat dirinya merasa mulai kewalahan dengan perasaannya sendiri. Mari kenali lebih dalam meltdown? pada anak!


Meltdown? Apa itu?

?Apa yang dirasakan anak ketika mengalami meltdown?

Meltdown berbeda dengan tantrum. Ketika mengalami meltdown, anak akan sulit untuk mengendalikan dirinya sendiri. Meltdown dapat timbul secara tiba-tiba sebagai bentuk dorongan emosi yang terjadi ketika anak merasa kewalahan? dengan suatu tekanan atau hal lain yang menjadi pemicu.

?Apa saja ciri-ciri anak mengalami meltdown?

Anak yang mengalami meltdown akan mengalami kepanikan yang tidak terkendali, memukul dan membentak disertai amarah, dan terus-menerus menangis? tanpa terkendali.


Apa saja hal yang dapat menyebabkan anak mengalami meltdown?

☁️Rasa kecewa dan amarah

Rasa kecewa dapat muncul saat harapan anak tidak terpenuhi sesuai kenyataan. Rasa kecewa yang terjadi berulang kali dapat membuat anak mengalami meltdown yang membuatnya berteriak?. Rasa tidak adil dapat membuat mereka marah yang membuat anak kehilangan kontrol.

?Autisme dan ADHD

Anak yang menderita autisme rentan mengalami meltdown. Anak dengan autisme dan ADHD juga biasanya mempunyai masalah dengan pemrosesan sensori? yang membuat mereka merasa kewalahan dengan rangsangan yang diterima yang membuat mereka mengalami meltdown.


Tips hadapi anak yang mengalami meltdown

?️Ajarkan anak cara mengatur pernapasan

Mengajarkan anak cara mengatur pernapasan dapat membantu anak untuk memfokuskan pikiran dan perhatian serta mengendalikan stres fisiologis. Dengan mengatur pernapasan☘️, anak dapat kembali mampu memegang kendali atas tubuhnya sendiri dan merasionalisasikan pikirannya.

?Memberi anak minum

Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat membuat anak merasa sensitif dan cemas. Memberikan anak minum dapat membantu menenangkan anak karena sifat alami dari air yang bersifat menenangkan dan menghidrasi?.

✍?Memperhatikan faktor pemicu meltdown

Dengan memperhatikan dan menganalisis faktor pemicu meltdown yang pernah dialami anak sebelumnya akan membantu Anda ketika anak akan mengalami meltdown, sehingga Anda bisa mencegahnya sebelum terjadi. Meltdown dapat terjadi jika anak merasa lapar, kepanasan☀️, haus, tidak enak badan, atau kelelahan.