post-title

Kenali Kleptomania pada Anak

Kleptomania pada anak dapat ditandai dengan situasi ketika anak sering membawa pulang barang yang bukan miliknya yang tidak ia perlukan. Apabila Anda curiga bahwa anak Anda mengalami kondisi ini, maka Anda perlu tahu cara menanganinya. Berikut bahasan selengkapnya mengenai kleptomania✨ pada anak.


Mengenal lebih dalam kleptomania

❓Gangguan apakah kleptomania?

Kleptomania atau klepto merupakan gangguan perilaku yang dilakukan dengan mengutil atau mencuri. Kleptomania juga dapat dialami oleh orang dengan ekonomi berkecukupan?. Barang yang dicuri oleh penderita kleptomania biasanya merupakan barang tidak berguna yang tidak ia perlukan.

?Apa yang anak dengan kleptomania rasakan?

Biasanya anak akan mengalami resah? saat keinginan untuk mengambil suatu barang muncul. Rasa resah ini baru akan hilang saat anak berhasil mengambil barang tersebut.


Tanda untuk mengenali penderita kleptomania

?Timbul dengan spontan

Episode dari kleptomania biasanya timbul dengan tiba-tiba tanpa kerjasama atau bantuan dari orang lain?. Rasa ingin untuk mencuri bisa datang dan pergi dan timbul dengan intensitas lebih kecil atau lebih besar.

?Barang curian tidak digunakan

Barang curian biasanya tidak digunakan dan hanya disimpan. Barang curian juga bisa diam-diam dikembalikan kembali ke tempat mereka mencuri. Orang dengan kleptomania mencuri bukan karena memberontak atau untuk keuntungan pribadi, namun karena mereka tidak mampu menahan keinginan yang sangat kuat?.


Cara atasi kleptomania anak

??Membicarakannya dengan anak

Anda dapat membicarakan kondisi kleptomania yang dialami anak dengan anak baik-baik. Tanyakan apa yang ia rasakan? saat mencuri dan katakan padanya bahwa Anda mengerti bahwa ia tengah mengalami kondisi yang sulit. Tetapkan tanamkan bahwa tindakan mengambil barang orang lain bukan perbuatan yang baik.

?Mengalihkan perhatian anak

Jika Anda melihat si kecil terlihat ingin mencuri, Anda dapat mencegahnya dengan mengalihkan perhatiannya dengan melakukan kegiatan positif. Contohnya, jika sedang di supermarket, Anda dapat mengajaknya untuk ikut sibuk memilih bahan makanan? yang akan dimasak nanti.