post-title

Anak Mengalami Insomnia

Insomnia atau sulit tidur tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tapi juga bisa dialami oleh anak-anak. Apa saja hal yang menyebabkan anak mengalami insomnia?️ dan bagaimana mengatasinya?


Hal yang dapat menyebabkan anak mengalami insomnia

?Anak kelelahan

Terlalu lelah dapat membuat anak malah jadi sulit untuk tidur. Karena itu, usahakan atur jadwal? anak agar ia tidak kelelahan.

?Screen time pada malam hari

Menonton TV? atau penggunaan gadget sepanjang hari terutama pada malam hari dapat membuat mata lelah. Tetapi juga dapat menghilangkan rasa kantuk anak.

?Stres atau trauma

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami stres. Ketika stres, anak juga bisa sulit untuk tidur. Selain stres, trauma juga dapat membuat anak insomnia. Contohnya, ketika ia baru saja mengalami hal yang tidak menyenangkan yang membuatnya cemas?, atau saat ketakutan sesudah menonton film horor.


Tips atasi insomnia pada anak

?Menghindari penggunaan gadget pada malam hari

Usahakan agar anak mengurangi penggunaan gadget pada malam? hari. Batasi penggunaan gadget anak agar ia tidak sibuk memainkan gadgetnya menjelang waktu tidur.

??‍♀️Mengajari anak meditasi

Mengajari anak meditasi atau olah napas dapat membantu membuat tubuh anak menjadi rileks. Ketika tubuh dan pikiran anak tenang, maka ia akan dapat tidur? dengan lebih cepat.

?Memberi minuman hangat

Memberikan anak minuman hangat sebelum waktu tidur dapat membuatnya terlelap lebih cepat. Contohnya, Anda dapat memberikan anak susu? hangat yang dapat menenangkannya. Namun, hindari memberikan anak minuman yang mengandung kafein.

?Membuat kamar tidur anak nyaman

Kamar tidur dan tempat tidur yang nyaman dapat membantu anak lebih cepat tertidur. Misalnya, pastikan pencahayaan dan suhu?️ ruangan kamar tidur anak sudah nyaman.