post-title

Kapan Gigi Susu Anak Tanggal?

Gigi susu anak akan tanggal dengan sendirinya seiring pertumbuhannya. Kapan sebenarnya gigi susu anak mulai tanggal dan berganti dengan gigi permanen?


Mengenal gigi susu anak

🤷🏻‍♀️Kapan gigi susu anak tumbuh?

Gigi susu anak tumbuh mulai anak berumur 8-12 bulan🗓️. Gigi susu akan terus tumbuh satu per satu sampai berjumlah total 20 buah. 

❓Lalu, kapan gigi susu anak mulai copot?

Gigi susu anak👧 akan mulai tanggal ketika anak berumur 6-7 tahun. Dimulai dari gigi seri, lalu gigi taring pada anak berumur 7-8 tahun, kemudian gigi geraham ketika anak berumur 9-12 tahun.


Berbagai pertanyaan mengenai gigi susu dan gigi permanen anak

🦷Berapa jumlah gigi permanen anak?

Dua puluh gigi permanen anak akan tumbuh untuk menggantikan 12 gigi lama anak. Sedangkan 12 belas gigi permanen lainnya akan tumbuh secara bertahap. Jadi, total gigi permanen anak adalah 32 buah. 

📝Bagaimana jika gigi permanen anak sudah mulai tumbuh tapi gigi susu tidak copot?

Apabila Anda melihat gusi anak telah memutih dan terasa agak tajam saat disentuh, maka berarti gigi permanen anak telah mulai tumbuh. Jika gigi permanen anak telah mulai tumbuh, namun gigi susu anak belum terlihat akan lepas, maka Anda dapat membawa anak ke dokter gigi👩‍⚕️.

🏥Perlukah membawa anak ke dokter gigi ketika gigi susu mulai goyang?

Anda tidak perlu membawa anak ke dokter gigi saat gigi susu anak mulai goyang. Biarkan gigi susu anak lepas dengan sendirinya. Hindari memaksa menarik gigi susu anak hingga lepas dari gusinya.