post-title

Normalkah jika Si Kecil Senang Berbicara Sendiri?

Pernahkah Anda melihat anak Anda berbicara sendiri👄 ketika bermain? Saat melihatnya Anda mungkin merasa khawatir. Tapi, tidak perlu takut, karena berdasarkan penelitian, anak yang senang berbicara sendiri adalah anak yang jenius.


Mulai umur berapa dan mengapa anak sering berbicara sendiri?

❓Anak mulai bicara sendiri umur berapa?

Anak biasanya akan mulai bicara sendiri ketika berumur 2-8 tahun. Saat umur 4 tahun, daya imajinasi anak akan mengalami peningkatan yang membuat mereka kerap kali terlihat berbicara dengan mainannya🧸 sendiri. Sesudah umur 5 tahun, biasanya hal ini akan menghilang dengan sendirinya.

📌Apa yang menyebabkan anak berbicara sendiri?

Berbicara sendiri merupakan salah satu cara anak dalam mengekspresikan perasaannya dan melatih kemampuan berkomunikasi dengan sekelilingnya. Berbicara sendiri juga merupakan suatu pertanda bahwa daya imajinasi💭 anak berkembang dengan baik. Sebagian besar anak yang berbicara sendiri bicara pada dirinya sendiri, bukan pada teman khayalan.


Lalu, apakah ada tanda aneh yang perlu untuk diperhatikan?

👧Saat anak menyebut nama yang tidak dikenal

Jika anak hanya menyebut nama karakter superhero atau tokoh komik maka hal ini merupakan pertanda bahwa daya imajinasi anak🙇🏻‍♀️ tengah berlangsung. Namun, apabila anak menyebutkan berulang kali nama yang bukan dari tokoh karakter favoritnya atau bukan nama temannya, maka bisa jadi hal tersebut adalah teman fantasi pseudosains. 

☁️Berbicara sendiri tanpa adanya objek

Apabila anak berbicara sendiri tanpa memegang suatu objek sambil memandang kosong, maka hal ini bisa jadi merupakan teman fantasi pseudosains. Anak yang mempunyai teman pseudosains juga kerap kali berteriak, ketakutan atau menangis😢 karena teman fantasinya tersebut.


Berbagai manfaat dari anak berbicara sendiri!

✨Proses berpikir anak lebih terarah

Dengan berbicara sendiri, anak akan lebih bisa mengarahkan proses berpikirnya sehingga bisa mengklarifikasikan pikirannya dengan lebih jelas. Semakin sering anak berbicara sendiri, maka semakin sering ia melatih pemikirannya mengenai hal apa yang bisa ia lakukan ketika mulai bersosialisasi? nantinya.

📝Mengelola informasi

Berbicara sendiri akan membantu anak untuk menggali kembali informasi yang telah tersimpan di dalam ingatannya🧠. Anda dapat ikut terlibat dalam pembicaraannya agar anak dapat lebih meningkatkan kemampuan berbahasanya.