post-title

Mengenal Abses Gigi pada Anak!

Abses gigi pada anak dapat terjadi saat infeksi bakteri menyebar di area mulut anak terutama giginya. Apa saja penyebab abses gigi? pada anak? Bagaimana mencegahnya?


Mengenal lebih dalam abses gigi

?Apa itu abses gigi?

Abses gigi merupakan terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah pada gigi yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Abses gigi timbul pada ujung akar gigi atau abses periapikal. Apabila tidak segera ditangani, abses gigi dapat menyebar pada bagian lain di mulut? seperti rahang, gusi, atau berbagai bagian tubuh lainnya.

?Apa saja gejala abses gigi pada anak?

Gejala abses gigi yang dirasakan biasanya adalah gigi menjadi sensitif terhadap suhu dingin dan panas, sensitif terhadap tekanan ketika menggigit atau mengunyah, pipi atau wajah membengkak, dan wajah dan mulut berwarna kemerahan. Anak juga mengalami demam, nyeri parah pada gigi, leher, telinga?, tulang rahang, dan sekresi nanah dari abses.


Apa saja hal yang menyebabkan abses gigi pada anak?

✨Kebersihan gigi yang buruk

Kebersihkan gigi dan gusi yang buruk dapat meningkatkan risiko masalah pada gigi. Abses gigi juga dapat terjadi karena kebersihan gusi dan gigi anak yang buruk?.

?Makanan yang mengandung banyak gula

Makanan atau minuman☕ yang mengandung banyak gula tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga dapat meningkatkan risiko abses gigi. Makanan dan minuman tinggi gula dapat menyebabkan lubang pada gigi yang kemudian berkembang menjadi abses gigi.


Tips cegah abses gigi pada anak!

✋Hindari hal-hal berikut ini!

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin?. Hindari pula untuk membersihkan gigi dengan floss atau benang gigi pada area yang terasa sakit.

✔️Lakukan hal ini!

Pilih sikat gigi berbulu sangat lembut untuk anak?. Kunyah makanan pada sisi mulut yang tidak terlalu sakit.