post-title

Gejala Gangguan Fungsi Hati Anak!

Organ hati berperan penting dalam membantu mencerna makanan dan membersihkan diri dari zat beracun. Jika hati❤️ sangat rusak, tentunya dapat membahayakan nyawa si kecil.


Berbagai gejala gangguan fungsi hati pada anak

✨Mudah memar dan berdarah

Mudah berdarah dan memar merupakan salah satu pertanda adanya gangguan? pada fungsi hati anak. Hal ini karena saat kondisi anak sehat, hati dengan vitamin K memproduksi fibrinogen yang berperan dalam pengentalan darah.

☁️Kondisi tinja

Tinja? yang berwarna kuning pucat, krem atau putih merupakan salah satu ciri dari adanya gangguan fungsi hati anak. Anak juga kerap mengalami demam yang tidak dapat dijelaskan.

⚖️Berat badan anak turun

Gangguan pada fungsi hati akan memengaruhi penyerapan nutrisi dari makanan?. Hal ini membuat berat badan anak menjadi turun, atau tulang menjadi lebih rapuh.

?Kulit dan mata anak yang menguning

Penyakit kuning juga dapat dialami oleh anak yang mengalami gangguan fungsi hati? yang serius. Hal ini diakibatkan oleh kadar bilirubin yang abnormal tinggi di dalam aliran darah.


Apa saja jenis-jenis gangguan fungsi hati?

?Kanker hati

Kanker hati dibagi menjadi 2 jenis, primer dan sekunder. Kanker hati primer berasal dari hati itu sendiri yang berkembang dan mengganggu fungsi kerja hati dan organ lain. Sedangkan kanker hati❤️ sekunder berasal dari organ lain yang kemudian menyebar sampai ke hati.

✍?Sirosis Bilier primer

Penyakit ini disebabkan oleh saluran empedu hati yang mengalami peradangan dan tersumbat. Empedu berperan dalam menyaring sel darah merah, racun, kolesterol, dan mencerna makanan?.

?Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang menular yang ditandai dengan hati yang mengalami peradangan. Hepatitis diakibatkan oleh infeksi virus yang terkontaminasi dari makanan?, minuman, cairan luka.