post-title

Manfaat Mengajarkan Anak Berkebun

Tahukah Anda bahwa mengajarkan anak berkebun🏡 dapat bermanfaat bagi perkembangannya? Apa saja manfaatnya? Dan bagaimana cara mengajarkan anak berkebun?


Berbagai manfaat berkebun bagi si kecil!

🌳Anak menyadari pentingnya menjaga lingkungan

Saat berkebun, anak akan menyadari pentingnya menjaga dan merawat kebersihan kebun jika ingin tanamannya tumbuh dengan subur. Hal ini akan membuat anak?? juga menyadari pentingnya menjaga lingkungan sekitarnya.

🥗Membuat anak terdorong untuk makan sayur

Dengan mengajak anak untuk berkebun, misalnya menanam wortel🥕, buncis, selada, anak akan mendapatkan pengalaman yang seru dan menyenangkan. Ketika sayuran yang mereka tanam sudah tumbuh dan siap untuk dipanen, maka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak dan dapat membuat mereka terdorong untuk mengonsumsi sayuran yang mereka tanam sendiri.

✨Meningkatkan kemampuan sensorik anak

Kemampuan sensorik anak dapat berkembang secara tidak disadari. Anak dapat mencium aroma dari berbagai bunga🌺 yang ada di taman, merasakan tekstur bunga, daun, tanah dengan tangannya. Anak juga aktif bergerak ketika berkebun seperti menyiram tanaman, mengangkat, membawa, atau menggali tanah.


Bagaimana caranya supaya anak senang berkebun?

🪴Pertama, mulai kenalkan anak dengan berbagai tanaman

Memperkenalkan anak dengan berbagai tanaman sejak dini akan mendorong anak untuk menyukai tanaman. Anda dapat meminta anak 🧒 untuk memilih tanaman yang ia sukai, atau meminta pendapatnya mengenai tanaman yang Anda perlihatkan.

🌱Menanam banyak tanaman di rumah

Dengan menanam banyak tanaman di rumah, akan membuat rumah menjadi rindang, sejuk. Hal ini akan membuat anak terbiasa tinggal di lingkungan yang sejuk🌬️ dan membuat dirinya nyaman. Sehingga, lama-kelamaan anak akan terbiasa untuk merawat tanaman sendiri di rumah.

✨Ajak anak untuk ikut berkebun bersama

Ajak anak untuk ikut berkebun bersama Anda. Berikan pakaian👚 yang nyaman untuk dipakai anak ketika berkebun. Jangan lupa untuk juga mengawasi anak ketika berkebun.


Mulai dengan menanam tanaman yang menarik bagi anak!

🌻Bunga matahari

Bunga matahari merupakan salah satu tanaman yang menarik bagi anak-anak. Hal ini karena warnanya yang kuning cerah dan bunganya yang amat besar. Menanam bunga matahari☀️ sangatlah mudah sehingga orang tua dapat dengan mudah mengajarkan anak untuk berkebun.

🍓Buah stroberi

Buah stroberi juga memiliki warna merah yang menarik perhatian anak-anak. Anak dapat menanamnya sendiri dengan menggunakan pot kecil🪴 atau polybag.