post-title

Duh… Si Kecil Terkena Radang Amandel

Radang amandel bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Amandel yang mengalami peradangan mengalami pembengkakan dan menimbulkan rasa sakit di tenggorokan. Bagaimana cara mengatasi radang amandel✨ pada anak?


Mengenal lebih dalam radang amandel pada anak

😷Radang amandel? Apa itu?

Radang atau infeksi amandel disebut juga dengan tonsilitis. Radang amandel paling sering menyerang anak yang berumur 5 sampai 15 tahun. Radang amandel umum dialami oleh anak terutama ketika anak tengah menderita batuk dan pilek🤒. 

🏥Berbagai gejala radang amandel pada anak

Anak yang mengalami radang amandel biasanya mengalami demam, hilang nafsu makan🤢, bau mulut, sakit pada tenggorokan. Selain itu, terlihat lapisan putih atau kuning pada bagian amandel dan warna amandel berwarna kemerahan.


Cegah radang amandel dengan atur kebiasaan jajan anak!

🧑‍🏫Memberikan anak pengertian mengenai bahaya jajan sembarangan

Anda sebaiknya memberikan anak pengertian mengenai bahayanya jajan sembarangan. Beri tahu anak dengan perlahan dan sabar bahwa jajan sembarangan apalagi di tempat yang kotor🧼 dapat mendatangkan berbagai macam penyakit.

🍛Membawakan anak bekal makanan dari rumah

Anda dapat membuatkan bekal makanan untuk anak untuk dibawa ke sekolah. Buatkan anak bekal makanan yang menggugah selera dan menarik untuk dilihatnya. Contohnya, Anda dapat membuatkan anak roti gulung, bento, pancake dengan buah-buahan🍒 yang dikreasikan menarik seperti dengan wajah karakter kartun favorit anak.


Cara obati radang amandel pada anak

🦠Jika radang amandel disebabkan oleh bakteri

Anak akan diberikan antibiotik oleh dokter💊 apabila radang amandel disebabkan oleh bakteri. Anak juga dapat diberikan ibuprofen dan parasetamol jika tidak kuat menahan sakit tenggorokan.

☁️Jika radang amandel disebabkan oleh virus

Jika radang amandel disebabkan oleh virus, maka biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Anda  sebaiknya memastikan anak untuk banyak minum dan mengonsumsi makanan🍴 yang bergizi untuk memperkuat daya tubuhnya.

👨‍⚕️Prosedur operasi

Prosedur operasi dilakukan apabila infeksi yang dialami anak sangat parah, sering kambuh, atau menyebabkan masalah pernapasan. Misalnya, anak mengalami radang amandel lebih dari 5 kali sampai 7 kali dalam 1 tahun🕑.