post-title

Tips Mengatasi Rambut Anak yang Rontok

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak🧒 juga bisa mengalami rambut rontok. Apabila jumlah rambut yang rontok mencapai lebih dari 300 helai per harinya, maka anak mengalami kerontokan rambut yang harus segera mendapatkan penanganan.


Apa saja penyebab rambut rontok pada anak?

⚡Mengikat rambut anak terlalu kencang

Menyisir atau mengikat rambut anak dengan terlalu kencang bisa membuat rambut anak mengalami kerontokan. Biarkan sesekali rambut anak untuk tergerai bebas agar kulit kepala dan rambut anak dapat beristirahat💤.

🍊 Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi juga dapat membuat rambut anak menjadi rontok. Anak yang menjalani diet rendah protein atau diet vegetarian🥬 juga dapat mengalami masalah kerontokan rambut.

✨ Alopecia areata

Alopecia areata merupakan kerontokan rambut yang diakibatkan oleh penyakit autoimun. Alopecia areata menyerang folikel tempat rambut tumbuh yang menyebabkan rambut rontok👩‍🦱 dan kepala menjadi botak.

🔻 Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan suatu keadaan saat kelenjar tiroid tidak memproduksi cukup hormon yang diperlukan dalam mengendalikan metabolisme tubuh☘️. Salah satu gejala dari hipotiroidisme adalah kerontokan rambut.


Bagaimana cara mengatasi rambut rontok pada anak?

🍵 Teh hijau

Teh hijau dapat menjadi bahan alami dalam mengatasi rambut rontok pada anak🧒. Hal ini karena di dalam teh terdapat antioksidan yang dapat membantu stimulasi folikel rambut untuk tumbuh dengan lebih kuat.

✔️ Lidah buaya

Lidah buaya dapat menenangkan kulit kepala yang bermasalah. Menggunakan lidah buaya dengan teratur dapat membuat kulit kepala anak menjadi lebih bersih, sehat, lembab🧴 yang mendorong pertumbuhan sel rambut baru.

🥥 Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat melembabkan kulit kepala dan rambut yang kering. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok yang dialami anak. Anda dapat menghangatkan minyak kelapa lalu mengoleskannya pada kulit kepala anak sambil memijatnya dengan lembut selama 10 menit⏲️ lalu diamkan hingga meresap dan bilas.